Rekomendasi Peluang Pekerjaan di Bidang Kecantikan

13:40:00 Andiani Beauty Journal 1 Comments

Hallo...

It's a throwback ke awal tahun 2013...




Tahun itu saya lagi sibuk-sibuknya mulai skripsi dan menginjak semester 8, tentu dong lagi bolak-balik perpustakaan berbagai Universitas di Bandung buat cari referensi dan ide buat judul skripsi. Btw, saya dulu kuliah jurusan pendidikan Bahasa Inggris. Udah ketebak dong cetakannya buat jadi tenaga pengajar ya? hehe, tapi dari dulu tuh saya gak ada keinginan buat ngajar apalagi buat jadi PNS. Padahal orang tua saya backgroundnya PNS, entah gak minat aja.

Long story short, setelah saya sudah dapet judul dan dosen pembimbing. Di tengah pengerjaan skripsi, saya lagi ngalamin masalah kulit yang ganggu banget! jerawatan kecil-kecil seluruh wajah dan gatel banget. Penyebabnya saya berhenti memakai krim klinik kecantikan terkenal, kemudian saya baca-baca artikel cara mengatasi jerawat dan nyasar ke beberapa beauty blog. Langsung terbesit, "kenapa gak bikin blog juga ya sharing tentang kondisi kulitku?". Sambil skripsian saya awalnya iseng buat blog ini dan sekarang menjadi salah satu pekerjaan saya yang paling saya senangi.

Awal 2014 saya lulus dari salah satu Universitas swasta di Bandung dan bingung mau apply kerja apa selain jadi guru? saya juga memutuskan untuk cari kerja di Jakarta. Saat itu belum kepikiran buat kerja di bidang kecantikan, ya namanya fresh graduate pasti ingin mencari pengalaman kerja sesuai jurusan dulu kan? 

Selesai wisuda saya mencari lowongan kerja lewat online dan sempet beberapa kali ikut jobfair, enak banget sih zaman sekarang gak perlu capek-capek keliling panas-panasan ngabisin ongkos buat apply CV. Sudah ada situs lowongan kerja Glints.com di mana kita bisa dapat info lowongan kerja yang kamu cari dan diinginkan lebih dari 19000 perusahaan yang sedang mencari karyawan baru, tinggal buat CV yang keren aja dan sign up buat ikutin step by stepnya. Selain itu di Glints juga, kita bisa baca-baca artikel informasi yang berhubungan dengan pekerjaan. 


Thanks to technology! saya bisa mendapatkan pekerjaan yang saya inginkan, seperti:

- Guru bahasa Inggris di International Preschool
- Content writer di digital Agency
- Social media and beauty writer di media online 

Sebetulnya masih ada cita-cita saya bekerja di bidang kecantikan yang belum tercapai, walaupun saat ini bekerja freelance menjadi beauty blogger. Beberapa taun ke belakang saya mulai tertarik ingin berkecimpung lebih serius di bidang kecantikan, salah dua menjadi beauty editor dan pengajar di bidang kecantikan entah itu dosen atau MUA guru. Ya, semoga saja ada kesempatannya untuk segera terwujud. 

Buat temen-temen nih yang tertarik juga ingin bekerja di bidang kecantikan, saya ada rekomendasi beberapa profesi untuk mengembangkan skill dan minta temen-temen di bidang kecantikan seperti:

- Beauty Editor

Untuk menjadi Beauty Editor, background pendidikan kamu gak wajib dari jurusan kecantikan. Poin pentingnya kamu harus bisa menulis dan sangat tertarik mengulas juga update tentang kecantikan. Hampir di semua media cetak/online pasti membutuhkan Beauty Editor. Selain menulis, kamu juga biasanya ditugaskan untuk meliput acara-acara kecantikan dan mencoba produk-produk kecantikan paling update! Menarik bukan? 

- Skin Expert

Senang menganalisa kulit dan belajar komposisi produk skincare? Bisa nih kamu apply buat jadi Skin expert sebuah brand kosmetik.

- Dokter di Klinik Kecantikan

Para lulusan dokter umum yang masih muda dan ingin mencoba pengalaman bekerja di luar RS, kalau tertarik di bidang kecantikan. Temen-temen bisa coba buat ambil sertifikasi estetika untuk izin praktek di klinik kecantikan, biasanya dokter ini buat konsultasi customer klinik kecantikan dan memberikan tindakan saat treatment seperti laser, chemical peeling dan lain-lain.

Beda lagi dengan dokter spesialis kulit ya, tentu ini bisa lebih luas lagi di bidang kecantikan bahkan bisa membuat branding sendiri dan membuka lapangan pekerjaan. 


- PR dan Marcomm Industri Kecantikan

Punya jiwa talkative dan menjual menjadi Public Relations atau Marketing Communication sebuah brand kecantikan bisa kamu coba. Di mana pekerjaan utamanya mempromosikan, mencari relasi dan memberikan informasi brand kecantikan yang mereka handle. Kita bisa lihat suksesnya campaign sebuah brand kecantikan lokal dari cerdasnya para PR dan Marcomm, yang bisa membaca keinginan customer dengan target yang tepat.  



- MUA 

Makeup Artist saat ini sedang menjadi profesi yang tengah naik daun, hampir semua perempuan ingin menjadi MUA karena pekerjaanya yang laris manis dan rate nya cukup fantastis jika nama mu sudah terkenal. Untuk menjadi MUA siapa saja bisa, asalkan punya track record baik dan pernah mengambil sertifikasi untuk portfolio pekerjaanmu. MUA tidak hanya mendandani pengantin atau ke pesta saja, MUA cukup luas juga kok.

MUA biasanya dibutuhkan juga untuk photo shoot kampanye brand, stasiun TV, menjadi MUA untuk training sebuah brand kecantikan atau ikut tim MUA senior.  

Enaknya zaman sekarang mencari pekerjaan hanya butuh koneksi internet dan berselancar di dunia maya, kita bisa apply lowongan kerja yang sesuai dengan minat dan skill. Sudah gak musim deh masuk kerja karena dibantu koneksi atau door to door nanya-nanya lowongan kerja. Yuk! Temukan pekerjaan impianmu di Glints.com 

You Might Also Like

1 comment:

  1. Bund artikelnya membantu para remaja yg bimbang mau kerja apa nih... �� asik bacanya

    ReplyDelete

Hallo...Thank you for visiting my Blog. Yuk tinggalin komen hore nya disini, biar kita makin akrab. Jangan pakai link hidup atau iklan ya!