SOCIAL MEDIA

Tuesday, 27 October 2020

Ini yang saya lakukan saat Baby blues!

Mungkin...bagi yang tidak mengalami, belum mengalami atau yg masih tabu gak akan percaya sama baby blues. But, for me dan ibu-ibu di luar sana apalagi yang sudah mengalami baby blues is real dude no joke!


Seringkali kita, ya saya sendiripun sibuk membaca jurnal trimester 1, 2 dan 3 kehamilan saja tapi lupa sama trimester 4. Apa tuh trimester 4? iya sehabis lahiran kita jarang mempersiapkan karena kita fokusnya ke "nanti lahiran gimana ya? sakit ga?" atau "aduh pasti seneng banget nanti baby udah lahir, gemes". Tapi saat itu saya lupa kalau mental saya harus siap, fisik harus sehat dan support system harus kuat.

Sampai, pada minggu ke-tiga setelah melahirkan emosi saya gak stabil. Saya merasa cepet bgt emosian, insecure takut gabisa ngurus bayi dan kesel liat bayi saya kalau tengah malem nangis minta nyusu sedangkan saya capek dan kudu nyusuin terus plus badan remuk sekali ngurus newborn. Tadinya saya gak sadar, kalau itu tanda-tanda baby blues dan kalau dibiarin itu bisa post partum depression.

Nah, luckily suami saya sadar kalau saya terlihat stress dan mengeluh terus. Lalu, suami cerita ke mama mertua saya dan mama mertua kasih saya solusi.

Coba kasi empeng
IH GAK BOLEH TAU PAKE EMPENG? kata netizen ig ketika lihat bayi saya foto saat mengempeng. Duh! mama mertua saya tau persis kondisi saya saat itu stress karena rubina maunya ngempeng terus, kalau semalaman ngempeng di payudara saya nanti saya gak bobo dong? kurang istirahat huhu capek bgt. Keputusan kasih empeng ternyata ngebantu bgt, saya jadi bisa tidur dan tiap dua jam bangun buat nyusuin itu udah alhamdulillah bgt.
Apa rubina masih pake empeng skrg? enggak kok cuma 3 bulanan aja lepas sendiri, ganti teether saat itu.

Full pake diapers
Awal-awal lahiran Rubina kita pakein popok kain dulu, ealah ternyata itu bikin lelah bgt ya sis kalau malem. Setiap satu jam kebangun hiks, sejam pipis terus sejam kemudian pup dan sejam kemudian nyusu gitu aja sampe pagi. Stress? iyalah susah tidur keganggu mulu mana saat itu LDM sama suami. Akhirnya, hari ke-17 Rubina lahir kita putusin buat pake diapers ajaaaa dan ini sangat membantu menjaga kewarasan saya.

Setelah tidur aman, saya masih merasa guilty dan gak "happy" punya bayi padahal lucu bgt kata orang-oranga. Ya, namanya baby blues ya pikiran macem-macem akhirnya saya melakukan ini:

Cerita apapun ke Suami

Emanglah kudu wajib punya partner yang sedia dengerin cerita kita apapun, walau gak bantu misalnya tapi setidaknya perasaan kita tumpah ruah semuanya dan lebih bagus lagi kalau ngasih solusi. Saya ceritain kegelisahan atau apapun itu saat baby blues itu ke suami hehe maaf ya pak suami kalau saya kadang ngomel-ngomel gak jelas waktu itu. Thank you udah jadi good listener juga dan sangat membantu. 

Aktif chat di grup yg supportive atau kontak temen yg supportive

Masih belum lega? cerita sama temen yang udah punya anak tapi yang supportive ya bukan yang judgy dan nyinyirin kita di belakang. Tanya-tanya lah atau minta tips and trick cara ngatasin baby blues atau apapun tentang ibu anak yang pengen kamu tanyain saat itu. Lebih seneng lagi kalau dikunjungin sama mereka sih, jadi kita bisa cerita langsung. 

Cari kegiatan atau tontonan saat bayi tidur

Saat bayi tidur, kan awal-awal tuh biasanya new born sering bobo ya. Nah, kita bisa tuh ikut bobo kalau capek atau cari hiburan kayak nonton series, YT dll. Pokoknya dibawa rileks ajalah, kerjaan rumah gimana? ya kalau mau dikerjain ya kerjain kalau gak mau panggil jasa cleaning aja udah. Gak usah kerjaan rumah dibawa stress, kita butuh waras dulu bund. 

Makan, makanan kesukaan

Ibu menyusui dan baru lahiran, gausah diet dulu lah ya...makan makanan yang kita suka dan bikin happy. Cuss buka aplikasi delivery online, pesen apapun yang lagi pengen kamu makan. Serius, perut kenyang dan hati bahagia itu jadi asi booster paling edan madendanglah pokoknya trust me!

ME TIME

Last but not least, kalau bisa dititipin baby ke neneknya atau ke bapanya. Mintalah sesekali me time. Terserah, kalian mau nyalon, ngemall atau sekedar berendam di bathtub tanpa diganggu siapapun. Take your time, jadi ibu baru dan ngurus newborn itu capek. Jelas, mom deserves me time once in a while. 

Post a comment

Hallo...Thank you for visiting my Blog. Yuk tinggalin komen hore nya disini, biar kita makin akrab. Jangan pakai link hidup atau iklan ya!