SOCIAL MEDIA

Wednesday, 9 September 2020

Cara mendapatkan ASI Bernutrisi untuk ibu hebat dan si buah hati istimewa

Hallo Girls...







Momen breastfeeding week selalu mengingatkan saya pada waktu pertama kali menyusui Rubina anak saya. Masih jelas ingatan saya dua jam setelah saya melahirkannya ke dunia, bidan langsung menyuruh saya untuk IMD (inisiasi menyusui dini) dan bayi merah itu langsung mencari dengan pintar dan aktif padahal matanya saja belum terbuka. Setelah itu saya belajar menyusui dan pijat laktasi, karena ternyata ASI saya belum banyak keluar beberapa hari pertama menyusui sampai bayi saya dehidrasi dan kuning. Saya pikir awalnya biasa bayi baru lahir kuning, begitu masuk hari ke-5 bayi Rubina matanya semakin kuning dam sudah sampai dada menguning. Saya dan mama mertua inisiatif check up ke dokter Anak dan direkomendasikan untuk tes darah di lab. Saya deg-degan banget nunggu hasilnya setelah beberapa jam dan benar saja yang dikhawatirkan Rubina bilirubinnya tinggi sehingga harus segera dilarikan ke rumah sakit untuk therapy dan dirawat secara intensif. 

Sampai di rumah sakit,  bayi kami dirujuk ke perina khusus ruang perawatan bayi-bayi newborn yang di inkubator dengan masalah yang beda-beda. Perasaan saya campur aduk dan menangis, tapi mama mertua saya semangatin kalau saya gak boleh sedih lama-lama nanti pengaruh ASI nya malah macet. Akhirnya bayi Rubina harus opname karena akan di sinar, susternya memberi pesan pada saya "Bu, alat ini cuma bantu biar gak kuning tapi tetep kualitas ASI ibu yang menentukan bayinya cepet sembuh. Ibu harus semangat dan pompa yang banyak ya". Selama 4 hari 3 malam saya berpisah dengan bayi Rubina, saya bolak-balik rumah sakit untuk mengantarkan ASIP 8 botol sehari dan menyusui secara langsung. 

Untuk mendukung produksi ASI lancar saya makan minum yang penuh nutrisi dan dilengkapi dengan Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold untuk mendapat ASI berkualitas. Dari situ saya banyak belajar bahwa menyusui penuh tantangan dan air mata, tidak sampai di situ saja tak jarang juga awal-awal menyusui mengalami puting lecet dan payudara bengkak menyebabkan badan saya meriang dan harus pijat dibantu oleh suami atau mama mertua saya. 

Dari awal kehamilanpun keluarga berperan penting sebagai support system saya dan baby Rubina, terutama saat awal-awal menyusui. Suami saya ikut begadang buat nemenin saat menyusui tengah malam, mama mertua saya pun selalu menyediakan makanan-makanan yang sehat dan bernutrisi untuk kelancaran ASI saya. Such a blessing sih buat saya, bersyukur banget berada di tengah keluarga yang supportive buat menyusui dan tumbuh kembang anak kami. Tanpa mereka, kayaknya saya bakal stress dan kelimpungan sendiri. 


Belajar dari pengalaman saya, agar tidak terjadi bayi kuning dan dirawat intensif. Berikut ini saya bagikan pengalaman saya untuk mendapat ASI lancar:

- Pijat laktasi, ini bisa dilakukan oleh terapis atau praktik sendiri dibantu suami atau ibu di rumah ya. 

- Makan-makanan bergizi, asupan karbohidrat, protein dan sayuran yang cukup, Saya pribadi di rekomendasikan dokter untuk menyantap makanan yang berkuah, misalnya sayur katuk, sayur bayam atau sup. 

- Lengkapi dengan suplemen Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold, untuk ASI yang bernutrisi di masa menyusui. Kenapa perlu suplemen ini? Karena kandungannya lengkap, 17 Nutrisi Esensial, bantu penuhi nutrisi Ibu sehingga dapat memberikan ASI bernutrisi untuk Buah Hati. Sampai saat ini Rubina usia 20 bulan, saya masih konsumsi Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold setiap hari. Lebih bagus lagi dipersiapkan dari masa kehamilan ya, dilanjutkan juga saat menyusui agar nutrisi nya terpenuhi. 

- The last one, menyusui itu gak boleh dibawa stress. Menyusui dengan penuh cinta dan bahagia, ini beneran ngaruh lho. Saat hati kita bahagia dan tenang, produksi ASI lancar jaya. Priceless banget  bonding sama bayi pas menyusui dan melihat dia tidur pulas karena kenyang ASI hehe. 




Ingat kan bulan Agustus lalu itu World Breastfeeding Week? Nah, ternyata Kalbe Blackmores Nutrition berkomitmen dalam mendukung upaya pemenuhan nutrisi Ibu Hamil dan Menyusui. Mereka memahami bahwa semua Ibu di Indonesia berhak untuk mendapatkan nutrisi yang cukup untuk mendukung kesehatannya dan buah hati.  Kalbe Blackmores Nutrition dengan Yayasan Bumi Sehat telah bermitra sejak tahun 2017 dan secara berkelanjutan telah membantu pemenuhan gizi Ibu Hamil dan Menyusui melalui pembagian 12.000 botol Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold setiap tahunnya di Klinik Bumi Sehat, yang tersebar di 3 kota yaitu Denpasar, Aceh, dan Papua.


 I highly recommended buat ibu-ibu hamil untuk mengonsumsi Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold untuk persiapan nutrisi ASI yang berkualitas dan dilanjutkan saat menyusui. Ya, namanya untuk buah hati pasti kita ingin yang terbaik dan maksimal kan? apalagi ini untuk tumbuh kembangnya di masa depan dimulai dari asupan yang bernutrisi baik dan dibutuhkan. 

Temen-temen bisa mendapatkan produk Blackmores  di E-commerce seperti Tokopedia,

Blibli, Lazada dan Shopee  yang bertuliskan Official Store ya. 

Untuk info lebih lanjut, langsung saja meluncur ke websitenya Blackmores atau Instagram  @blackmoresid .


Buat temen-temen yang pernah konsumsi Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold  boleh dong share pengalamannya juga di kolom komentar yuk!


Thank you for reading


Post a comment

Hallo...Thank you for visiting my Blog. Yuk tinggalin komen hore nya disini, biar kita makin akrab. Jangan pakai link hidup atau iklan ya!