[TIPS] Membedakan kosmetik palsu dan asli

14:00:00 Reiny Andiani Hadikusuma 23 Comments


Sebagai kaum wanita merawat diri dan memakai make up adalah yg penting untuk menunjang penampilan, karena make up bisa menutupi kekurangan-kekurangan kita dan AJAIB nya make up ini membuat wanita semakin cantik dan sempurna. Tapi untuk mendapatkan itu semua kita butuh kocek yg lumayan bahkan mahal untuk menunjang penampilan kita dalam make up, nah kendala ini banyak di manfaatkan oleh oknum-oknum nakal yaitu dengan membuat make up atau skincare palsu, dengan memakai merk kosmetik yg sudah terkenal dan tentu saja dengan harga yg sangat miring pun tidak masuk akal. Mungkin bagi wanita yg sering membeli kosmetik atau yg paham banget sudah bisa membedakan, tapi kalau yg baru belajar?atau tidak tahu? mungkin saja mereka tertipu dan tergiur dengan harga yg sangat murah tanpa tau itu terbuat dari bahan apa dan seberapa bahaya nya.

Jangankan kosmetik abal-abal kosmetik yg asli pun kadang-kadang kurang cocok loh sama kulit kita dan menimbulkan iritasi, nah apalagi yg abal-abal kebayang dong gimana efek nya dalam jangka waktu lama dan itu sudah pasti tidak terdaftar di BPOM. Oya yg biasa di palsu kan biasanya brand-brand luar saya jarang melihat brand local yg di palsukan, namun akhir-akhir ini sering juga melihat seller yang menjual pensil alis merk Viva dengan harga 40 ribu /lusin. Hmmmm kita sebagai konsumen bener-bener mesti pintar dan ekstra hati-hati untuk membeli kosmetik.

Untuk tampil cantik tapi ingin aman di kantong dan aman di kulit salah satu solusi nya bisa membeli brand local,  brand local juga yang tidak kalah bagus kualitas nya aman bahkan sudah banyak yg halal. Dengan begitu juga kita mensupport brand local daripada gaya beli kosmetik merk luar tapi palsu dan berbahaya kan? Sereeem atau bisa juga membeli drugstore product yang harga nya masih terjangkau jika belum bisa membeli merk high end.

Dampak buruk yang ditimbulkan bukan saja ke kulit tapi juga berimbas pada kesehatan tubuh, seperti sesak nafas dan ginjal. Agar tidak tertipu membeli produk-produk kosmetik yang berbahaya simak tipsnya yang diungkapkan oleh para pakar di seminar 'Salah Pilih Kosmetik dan Produk Berbahaya Berujung Celaka' di Aula Sasono Wiwoho, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (30/5/2013). 
Source : http://wolipop.detik.com/read/2013/05/30/191231/2260888/234/tips-agar-tak-tertipu-beli-kosmetik-palsu-yang-makin-banyak-di-pasaran

Berikut tips yang mungkin bisa membantu kalian untuk membedakan kosmetik palsu dan asli.

1. Beli di Distributor Resmi
Untuk menjaga keamanan produk yang akan anda beli, beli lah di distributor resmi, jika membeli di distributor tidak resmi ada potensi kalau produk yang anda dapat kemungkinan kosmetik palsu.

2. Cek Kandungan Produk

Walaupun awam terhadap kandungan produk yang tertera dalam komposisi produk, setidak nya kita harus tau kandunga produk yang berbahaya seperti hidrokinon, merkuri, retinoat,raksa dan resorsinol. Sebagai konsumen kita harus teliti terhadap label kandungan yang aada pada produk, usahakan menghindari produk bahan yang berbahaya karena bisa berakibat iritasi atau yang lebih parah kerusakan organ dalam bahkan syaraf.



4.    Terdapat Kode Izin Edar

Setiap produk yang resmi memiliki kode izin edar. Untuk mengetahui apakah sebuah merek kosmetik memiliki kode izin edar atau tidak, Anda bisa mengecek langsung di situs BPOM (Badan Pengawas Obat & Makanan). Hanya beberapa merek kosmetik yang mencantumkan kode izin edar ini di kemasannya.


5.  Waspada Ketika Membeli Produk Secara Online


a.       Maraknya penjualan online 

Beberapa tahun ini penjualan online menjadi incaran masyarakat termasuk saya sendiri suka sekali belanja kosmetik online selain di distributor resmi, karena biasanya harga nya lebih murah juga cara belanja yang tidak repot. Apalagi mengingat banyak juga produk yang belum masuk ke kota-kota kecil, belanja online menjadi solusi untuk mendapatkan produk yang di inginkan. Waspada, ketika membeli kosmetik karena kita tidak bisa mengecek kemasan label, kandungan dan kode izin edar. Carilah online shop yang memang menjual 100% kosmetik yang original, tidak dengan embel-embel ori singapur dll.

b. Kenali kosmetik incaranmu

Kalau Anda belum pernah melihat secara fisik kosmetik incaran, maka cara yang paling mudah adalah dengan mencari review dan referensi di google, jangan malas membaca karena banyak blogger atau pun website resmi produk kosmetik yang menjelaskan dengan lengkap tentang produk, kemasan bahkan harga juga rekomendasi online shop atau distributor resmi.


c. Curiga dengan harga yang sangat murah

Jika ada toko atau online shop yang menjual produk kosmetik dengan harga sangat murah, Anda harus curiga karena walaupun diskon atau online shop itu tidak akan sangat jauh berbeda dengan harga yang di distributor resmi. Contoh Lipstick merk NYX yang banyak di palsukan dan di jual dengan harga 50 ribu atau bahkan jauh di bawah nya itu sudah di pastikan palsu, selain itu juga banyak produk maybelline yang di palsukan di pasaran terutama maskara dan lip balm nya dari kemasan saja sudah terlihat beda bahkan tulisan yang di gunakan pun berbeda, sudah jelas merk sekelas MAC banyak sekali di palsukan seperti eyeshadow palette yang puluhan warna nya itu sudah jelas palsu, karena MAC tidak mengeluarkan palette sebanyak itu. tidak hanya produk luar negri saja, tetapi produk dalam negeri pun sekarang sudah mulai banyak di palsukan.


d. Kosmetik asli tidak di jual lusinan

Hal yang paling mencurigakan dan terlihat itu kosmetik palsu adalah di jual lusinan, padahal kosmetik asli biasanya di jual satuan saja. Jika ada yang menjual lipstick terkenal merk tertentu misalnya dengan harga 150ribu/ lusin itu dipastikan palsu karena logika nya jika lipstick tersebut harga nya sangat murah apalagi merk luar negeri itu terbuat dari apa dan modal untuk pembuatannya sudah berapa, hati-hati jika di instagram,fb atau sosmed lainnya dengan seller nakal yang menjual kosmetik palsu.

Dan ini beberapa contoh kosmetik palsu



Urban Decay baru sampe 3 lho ! belum ada 4 dan 5 :)


Di counter Maybelline tidak menjual mascara dengan box seperti ini apalagi harganya sekitar 30 ribuan


Eyeliner MAC masa sih packaging nya begini?


Nggak ada loose powder Pond's

Apalagi Lipstick Pond's yang di jual 6000 an dan selusin cuma 40ribuan.



MAC Palette? gak ada...apalagi harganya 75 ribuan


hah? Maybelline gak ngeluarin yang kaya gini 


NYX ? dari packaging nya aja udah keliatan palsu
Revlon lusinan, yakaleeee.



Sekelas Urban Decay masa jualan di kardus dan kemasannya begitu? hahhaha





Mudah-mudahan post ini bisa membantu para wanita dan pintar memilih untuk membedakan kosmetik asli dan palsu,karena jika kita menggunakan kosmetik palsu dapat menyebabkan efek sampan yg berbahaya seperti sesak napas dan penyakit ginjal bahkan kanker kulit.

Thanks for reading

XOXO

Reiny

You Might Also Like

23 comments:

  1. gilaa, ini membantu bgt buat ngenalin brg palsu mba... slama ini aku jg slalu beli dr counter2 kosmetk di mall..tkut kalo beli di ITC ato grosiran ...hihhh.. -__- gpp deh mahal, asal ori

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak mending korbanin duit daripada kulit :). Yap makanya aku bikin post ini biar tmn2 yg belum tau bisa tau Dan hati2 :D

      Delete
  2. iya nih banyak bgt yg jual ginian di online. sampe etude jg dipalsuin. aku sempet mikir, daripada bkin palsuan gini kenapa mereka g bkin kosmetik dg nama sendiri dg harga terjangkau tp kualitas terjamin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya hampir segala merk yg lagi terkenal dan laris di palsui. Ya mereka cuma pgn untung nya aja mungkin dan gaperlu sewa apoteker dan ahli lainnya,kalau palsu kan dari apa aja yg pentig mirip.

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  3. aku pernah iseng beli lipsticknya... dan... serrem juga ya ngebayangin dia pake bahan apa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe kamu iseng bgt, iya serem bgt dari apaan bahannya.

      Delete
  4. Iya Mbak, kalau murah malah harus curiga. Mending beli di counternya langsung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi kalau murahnya kebangetan ya say,curiga bgt.
      Iya dikonter lebih jelas kalau harganya masih terjangkau

      Delete
  5. Kasihan yang nggak ngerti make-up, atau yang nggak tau merk.
    kemaren aku liat maybeline maskara itu cuman 15rbu loh. itu kelewat murah.

    apalagi yang make-up palette itu, kasihan aja yang udah beli mungkin bangga eh tau nya palsu.

    Mending beli produk lokal kaya viva aja, produk lokal, murah dan bagus

    btw nice post

    reistilldoll.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih yaaa... iya kasian makanya aku pgn bikin post ini buat yg blm tau semoga bermanfaat dan lbh hati2 gitu.

      Iya memang kalau budget terbatas mending produk lokal aja hhe

      Delete
  6. Wah...q juga beli pensil alis viva 2x kena palsu juga...
    Awalnya q curiga koq dipake di alis gak mau nempel & keras. Q beli lagi di tempat temen q koq harganya jauh lebih murah, eh......stelah q coba ternyata sama aja gak bisa nempel...
    Trus q googling....dan benar saja....tuh pensil yg q beli 2 terakhir palsu semua...
    Yg asli kode produksi langsung nempel di pensil & warna orange muda, yg palsu kode produksi ditempel plastik & warna orange terang.
    Semoga teman2 tdak mengalami sperti saya...hikhikhiks

    ReplyDelete
  7. Wah...q juga beli pensil alis viva 2x kena palsu juga...
    Awalnya q curiga koq dipake di alis gak mau nempel & keras. Q beli lagi di tempat temen q koq harganya jauh lebih murah, eh......stelah q coba ternyata sama aja gak bisa nempel...
    Trus q googling....dan benar saja....tuh pensil yg q beli 2 terakhir palsu semua...
    Yg asli kode produksi langsung nempel di pensil & warna orange muda, yg palsu kode produksi ditempel plastik & warna orange terang.
    Semoga teman2 tdak mengalami sperti saya...hikhikhiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah...serem bgt ya, parah nih emang segala produk lokal aja dipalsuin serem bgt.oh bedainnya dari body pensilnya ya warnanya beda, thanks for sharing!

      Delete
  8. Gua pernah iseng" coba beli di jejeran jejeran kosmetik di pasar kan. Gua beli lipgloss bening kalo dipake jadi pink gitu,habis itu beli lipbalm,waktu dipake jadi pink juga sama nyx blacklabel lipgloss. Astaga,yg nyx itu,pas gua pake di bibir,euhh lengket banget,pas gua tap pake tissue,tissuenya pun koyak pas dilepas. Astaga ngeri banget kak kosmetik abal abal. Setelah gua searching" di google gua buang semua kosmetiknya. Ihh ngeri deh,susah dicuci lagi bibir gua,warnany tuh membekas. 😂

    ReplyDelete
  9. Q pusing gmn beda in lipstik borjouis kw dg oriy say? Kr dr hargany mhl semua. Q udh bbrp kali bli borjouis nah dr yg shade nmr 7, 12, aqua, terakhr shade 17 ni yg agak encer... q aplikasi kn kn bibir cpr bgt ilang ny d bnding yg lain.... mohon share dong....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beli di orami.co.id / bilna. Itu di jamin asli. Soalnya aku udh berlangganan dari dlu.

      Delete
    2. Beli di orami.co.id / bilna. Itu di jamin asli. Soalnya aku udh berlangganan dari dlu.

      Delete
  10. Q pusing gmn beda in lipstik borjouis kw dg oriy say? Kr dr hargany mhl semua. Q udh bbrp kali bli borjouis nah dr yg shade nmr 7, 12, aqua, terakhr shade 17 ni yg agak encer... q aplikasi kn kn bibir cpr bgt ilang ny d bnding yg lain.... mohon share dong....

    ReplyDelete
  11. This story happened around early 2000. The incident occurred in a village in the interior of the state. when the season
    togel singapore

    ReplyDelete
  12. Aku pernah beli lipstik lip cream tapi hasilnya matte palsu. Dan nekat. Ternyata pas uda sampe. Dih... ini apaan wangi cat tembok! Langsung aku buang haha... murah banget dan aku beli 4 gilak. nyesel tapi nggak nyesek2 amat sih. Soalnya murah. Tapi yaa tetep nyesel. harga segitu bisa beli 1 lipstik original dan aman.

    ReplyDelete
  13. Mba mau nanya, lipstik red wine supple itu palsu ga ya? Ko harganya murah, tapi diliat dari tekstur dan baunya meyakinkan. gimana dong mba?

    ReplyDelete
  14. Mba mau nanya, lipstik red wine supple itu palsu ga ya? Ko harganya murah, tapi diliat dari tekstur dan baunya meyakinkan. gimana dong mba?

    ReplyDelete

Hallo...Thank you for visiting my Blog. Yuk tinggalin komen hore nya disini, biar kita makin akrab. Jangan pakai link hidup atau iklan ya!