[Style Inspiration] Play with Songket

17:00:00 Reiny Andiani Hadikusuma 0 Comments

Songket merupakan kain traditional khas melayu,Mungkin kita sering menemui songket ini di pakai untuk acara adat atau pernikahan. 

Untuk lebih jelasnya kita ketahui sejarah singkat kain songket ini yuk !

Songket adalah jenis kain tenunan tradisional Melayu dan Minangkabau di IndonesiaMalaysia, dan Brunei. Songket digolongkan dalam keluarga tenunan brokat. Songket ditenun dengan tangan dengan benang emas dan perak dan pada umumnya dikenakan pada acara-acara resmi. Benang logam metalik yang tertenun berlatar kain menimbulkan efek kemilau cemerlang. source : Wikipedia

Penenunan songket secara sejarah dikaitkan dengan kawasan permukiman dan budaya Melayu, dan menurut sementara orang teknik ini diperkenalkan oleh pedagang India atau Arab.[2] Menurut hikayat rakyat Palembang, asal mula kain songket adalah dari perdagangan zaman dahulu di antara Tiongkok dan India. Orang Tionghoa menyediakan benang sutera sedangkan orang India menyumbang benang emas dan perak; maka, jadilah songket.[4] Kain songket ditenun pada alat tenun bingkai Melayu. Pola-pola rumit diciptakan dengan memperkenalkan benang-benang emas atau perak ekstra dengan penggunaan sehelai jarum leper. Tidak diketahui secara pasti dari manakah songket berasal, menurut tradisi Kelantan teknik tenun seperti ini berasal dari utara, yakni kawasan Kamboja dan Siam yang kemudian berkembang ke selatan di Pattani,[5] dan akhirnya mencapai Kelantan dan Terengganu sekitar tahun 1500-an.[6] Industri kecil rumahan tenun songket kini masih bertahan di pinggiran Kota Bahru dan Terengganu.[7] Akan tetapi menurut penenun Terengganu,[butuh rujukan] justru para pedagang Indialah yang memperkenalkan teknik menenun ini pertama kali di Palembang dan Jambi, yang mungkin telah berlaku sejak zaman Sriwijaya (abad ke-7 sampai ke-11).[2]  source : Wikipedia


Model kain songket banyak sekali ragamnya, maka tidak heran jika harga nya pun sangat beragam dari mulai yang paling murah hingga paling mahal, karena tingkat kesulitan nya pun sangat berpengaruh pada hasil dan kualitas kain songket.

Bangga banget ya sebagai orang Indonesia punya ciri khas kain yang mewah, Desainer-desainer pun dengan dinamis mengembangkan  kain songket ini tidak hanya untuk acara resmi atau acara adat saja tetapi juga bisa untuk semi formal di buat menjadi dress, rok, blazer, bahkan tas dan sepatu.


Tas/ Clutch Songket



Sumber : Tokopedia.com


Mulai banyak industri mode yang membuat tas dari material songket, hasilnya pun tidak kalah menarik dan cantik dengan tas-tas lain yang terbuat dari kulit atau material bahan lain nya. Tas dari bahan songket mempunyai keunikan tersendiri yang sudah jelas dari bahan dan motif nya yang sangat berkelas dan elegant. Tas songket ini bisa di pakai untuk menghadiri acara resmi seperti undangan, pesta atau meeting bersama orang-orang penting. Selain tas juga, banyak clutch yang terbuat dari bahan songket, ini cocok sekali untuk Anda ladies yang tidak mau repot membawa tas atau bosan dengan clutch yang biasa. Clutch songket bisa menjadi pilihan untuk tetap bergaya dan berkelas.


Blazer Songket



Sumber: hijabkita.com

Anda pasti kenal kan foto perempuan cantik diatas? ya, benar beliau adalah Dian Pelangi sang designer muslim muda yang sangat kreatif dan inspiratif. Bisa kita lihat fashion style nya yang sophisticated dan anggun mengenakan blazer songket yan berbentuk peplum untuk dijadikan atasan dipadukan dengan maxi skirt. Blazer songket cocok untuk di jadikan outer atau pun atasan saja, Anda tidak perlu repot-repot memakai banyak aksesoris karena dari motix blazer nya pun sudah mewah dan cantik.

Dress Songket



Sumber: pinterest

Dress Songket ini biasa menjadi pilihan yang tepat untuk menghadiri pesta atau pun untuk outfit untuk ke kantor di hari tertentu misalnya hari jumat, mini dress songket cocok untuk acara semi formal atau pun formal tinggal di mix dengan high heels atau wedges favoritmu. Kalau Long dress terkesan lebih resmi, long dress cocok untuk menghadiri acara resmi seperti gala dinner atau pesta di malam hari.

Rok Songket



Sumber: Pinterest

Jika Anda suka pakai rok, rok songket juga bisa jadi pilihan lho ! buat hang out ke mall di mix dengan atasan kaos polos warna netral dan flat shoes atau sandal. Buat yang berhijab juga rok panjang cantik sekali untuk dipakai ke acara resmi atau non-resmi.

Sepatu Songket


Sumber: Tokopedia 
Alas kaki yang menggunakan bahan songket juga banyak ternyata, contoh nya high heels dan flat shoes diatas, cantik bukan?. Nah High heels bisa di pakai dengan black dress atau white dress yang polos, karena orang akan fokus melihat pada motif high heels mu yang unik dan mewah. Sedangkan flat shoes bebas untuk digunakan dengan gaya casual atau pun feminin.

You Might Also Like

0 komentar:

Hallo...Thank you for visiting my Blog. Yuk tinggalin komen hore nya disini, biar kita makin akrab. Jangan pakai link hidup atau iklan ya!