[Belajar Skincare] Mengenal Basic Skincare CTMP

19:16:00 Andiani Beauty Journal 0 Comments

Hallo Girls...

Hampir tujuh tahun ngeblog, saya baru kepikiran buat share tentang mengenal langkah-langkah dasar skincare routine. Mungkin memang sudah banyak yang tau dan jago mengenai ini, tapi yang masih bingung juga pasti banyak. Hopefully, dengan saya share langkah dasar skincarw routine ini bisa bermanfaat ya buat temen-temen.

Anyway, masih banyak temen saya yang bingung "aku bagusnya pake apa rein?""kulitku kering harus pake skincare apa ya?"" aku sih tiap hari pake facial wash doang"

dan masih banyak lagi, pertanyaan-pertanyaan basic tapi jawabannya bisa panjang. Nah, daripada bingung...mending kita bahas yuk di sini.Sebelum kamu mau mulai rajin skincare an, sebaiknya cari tahu dulu...

Tipe KulitYa, ramainya sosial media dan influencer bermunculan tentunya memudahkan kita ya buat nemuin review-review produk kecantikan. Apakah harus dibeli semua? enggak dong, terutama skincare ya...kita beli dan pakai sesuai kebutuhan juga tipe kulit kita. Cari tahu dulu, masalah-masalah tipe kulit kamu untuk menghindari atau meminimalisir ketidakcocokan pada skincare. Sekarang banyak kok website-website brand atau e-commerce yang bisa deteksi tipe kulit kamu. 








Urutan Pakai Skincare
Nah,kalau sudah tau tipe kulit. Sekarang kita lanjut ke tahap urutan dan kebutuhan skincare apa saja sih untuk pemula? biasa disebutnya CTMP.
Apa sih CTMP? Berikut penjelasannya ya.

1. Cleansing
Tahap pertama yang harus kita lakukan sebelum memakai skincare lain ke wajag kita, harus memastikan wajah bersih. Kalau pagi hari, cukup dengan facial wash saja.
 Namun, untuk malam hari...sebaiknya double cleansing. Kenapa? ya kan seharian kita beraktivitas, kena debu dan polusi apalagi kalau yang pakai makeup wajib dihapus dong ya?. Tahapannya:
- Pakai milk cleanser/ micellar water atau cleansing oil
- Kemudian bilas deh pakai facial wash

2. Toning
Ya, tahap berikutnya pakai toner. Untuk toner sendiri ada dua macam:

- Exfoliating toner, yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati dan ngilangin beruntusan. Biasanya kalau rutin pakai ini, kulit tuh alusss kayak abis di ampelas haha. Exfoliating toner ini biasanya komposisinya AHA dan BHA beserta turunannya.

- Hydrating toner, kalau yang ini berfungsi untuk melembapkan kulit dan menutrisi kulit. Ya, kalau kayak air mah dia tuh biar kulit kita gak dehidrasi dan siap membuka jalan buat step skincare berikutnya.


3. Moisturizer

Tadi kan kulit kita udah lembap tuh ya pakai toner, untuk menjaga kelembapan kulitnya kita kunci dengan memakai pelembap. Untuk kulit kering biasanya lebih cocok yang teksturnya cream, sedangkan kulit berminyak biasanya direkomendasikan yang teksturnya gel agar tidak menyumbat pori penyebab komedo dan jerawat. Jadi, untuk tipe kulit apapun wajib ya memakai moisturizer supaya kulit kita dapat nutrisi cukup.

4. Protecting

Kulit sudah lembap dan dikunci, tapi masih kurang perlindungan nih dari sinar matahari. Yes, kalau kamu aktivitasnya outdoor atau terkena sinar matahari lewat jendela harus pake sunscreen. As we know, sunscreen berfungsi untuk anti aging, melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung, mencegah munculnya flek hitam dll. Pilih sunscreen yang teksturnya ringan dan nyaman di wajah, i mean gak lengket atau bikin wajah makin berminyak gitu lho. Re-apply sunscreen setiap 2-3 jam sekali, misalnya setelah shalat dzuhur. Itupun bagi yang aktivitasnya suka kena sinar matahari ya, lewat kaca ataupun langsung.

Gimana kalau malem? ya sudah urutannya sampai moisturizer saja. 

Kalau pengen pake serum gimana rein? nanti kita bahas di blogpost berikutnya ya.

Sampai sini udah pada nangkep kan maksud saya tentang CTMP?



Thank you for reading

XOXO
Reiny 

You Might Also Like

0 komentar:

Hallo...Thank you for visiting my Blog. Yuk tinggalin komen hore nya disini, biar kita makin akrab. Jangan pakai link hidup atau iklan ya!