Pengalaman Senam Hamil di RSIA Duren Tiga Jakarta Selatan

10:34:00 Andiani Beauty Journal 0 Comments

Hallo Girls...









Siapa di sini yang pas hamil memasuki trimester 3 jadi rajin prenatal yoga dan senam hamil? Saya termasuk yang gak rajin-rajin banget sih, tapi at least seminggu sekali saya ikut senam hamil di RS. Karena pas trimester 2 tepatnya usia kehamilan 26 minggu, posisi janin katanya Plasenta Previa di mana jalan lahirnya tertutup dan kemungkinannya lahir SC kalau posisinya gak muter. Obgyn saya dokter Vivi di RS.PMI Bogor, nyaranin saya buat rajin senam hamil biar posisinya berubah. 

Karena waktu itu saya masih tinggal di Jakarta, jadi awalnya saya rajin prenatal yoga sendiri dan ikut kelas senam hamil di dekat tempat tinggal yaitu RSIA Duren Tiga Jakarta Selatan. Fyi, sebelum memutuskan untuk lahiran di Bogor saya sempat check up sama Obgyn di RSIA Duren Tiga ini sampai usia kandungan 12 minggu. Jadi, saya sudah paham rutenya untuk daftar senam hamil di RSIA Duren Tiga.

Beberapa hari sebelumnya saya WA RSIA Duren Tiga, untuk menanyakan jadwal senam hamil. Alhamdulillah, respon adminnya baik. Ternyata sistemnya datang langsung dan daftar di sana  sebelum jam 11. Kelas senam hamil di RSIA Duren Tiga diadakan setiap hari sabtu jam 11, terletak di Lt.3. Biaya untuk sekali kedatangan dikenakan Rp100.000., selain kelas senam hamil juga tersedia kelas hypnobirthing lho.


Hari sabtu sekitar jam 11 kurang 15 menit saya sampai di RSIA Duren Tiga dan langsung ke bagian pendaftaran untuk daftar kelas dan membayar biaya administrasinya. Setelah itu saya langsung naik ke Lantai III dan masuk ruangan kelas senam hamil.


Foto iseng di ruangan senam, kira-kira seperti itulah ruangannya. 



Maaf saya gak sempat foto proper saat itu, karena kalau sembarang foto juga takut ga diijinin kan. Ruangannya cukup luas, seperti ruangan untuk seminar gitu karena ada kursi-kursi menumpuk di pojokan. Di sana sudah tersedia beberapa mat dan bantal untuk senam, ya kira-kira untuk 10 orang lah.

Ibu hamil yang sudah datang, menunggu di mat nya masing-masing. Kelas dimulai agak telat karena nunggu yang lain dateng dulu kali ya. Saat itu ada 5-6 orang gitu yang ikut kelas. Instruktur senamnya sendiri bidan dari RSIA Duren Tiga, saya lupa namanya hehe yang pasti ramah dan lembut banget. 

Sebelum kelas dimulai, kami diminta untuk perkenalan nama dan usia kandungannya berapa minggu. Senamnya sendiri sih basic aja gerakan-gerakan senam hamil yang fokus pada latihan pernafasan agar lebih "siap" untuk persalinan nanti. Lalu, bidannya juga memberi afirmasi positif kepada kita para ibu hamil. Pokoknya kelas dibuat senyaman mungkin, gerakan-gerakan yang diberikan juga bisa di praktekkan di rumah...seperti: Untuk mengatasi kaki pegal, punggung pegal, posisi tidur agar lebih nyaman dan lain-lain.

Seingat saya kelas berlangsung kurang dari satu jam, sisanya Bidannya memberikan afirmasi positif pada kita dan sebelum pulang kita dikasih susu hamil. 


Kesannya bagaimana setelah ikut senam hamil? seneng sih bisa dapet afirmasi positif dan dapat ilmu gerakan-gerakan untuk menimimalisir sakit-sakit yang dirasakan ibu-ibu hamil trimester 3 hehe. Ketemu ibu-ibu hamil lain juga yang sama-sedang menanti kelahiran buah hatinya, enak aja positive vibes gitu belum lagi bidannya yang ramah. 


Jadi, senam hamil itu penting gak sih? tergantung ibu-ibu sendiri sih. Kalau untuk saya penting, karena saya belum pernah melahirkan dan gak tau sama sekali cara bernafas buat lahiran nanti. Ya, saya juga gatau sih nanti pas hari H nya gimana...tapi setidaknya saya udah berusaha cari-cari ilmu untuk lahiran yang nyaman. Selain itu juga saya jadi tau gerakan-gerakan yang aman buat minimalisir pegel-pegel di trimester 3 ini.


Oh iya, senam selanjutnya saya ikut di RS.PMI karena sudah pindah tinggal di Bogor untuk persiapan lahiran. Next post saya bakal ceritain ya pengalaman senam di RS. PMI Bogor hehe....


Thank you for reading





You Might Also Like

0 komentar:

Hallo...Thank you for visiting my Blog. Yuk tinggalin komen hore nya disini, biar kita makin akrab. Jangan pakai link hidup atau iklan ya!