[Reminder] Jangan lupa bilang Tolong, Maaf dan Terimakasih

19:22:00 Reiny Andiani Hadikusuma 8 Comments

Hallo Girls...
 
Hmm...blog post kali ini gak ada hubungannya sama beauty atau life style related, tapi lebih ke reminder buat diri sendiri sih biar gak lupa sama manner hehe yang jaman sekarang sudah mulai menipis terkikis jaman *halah*. Jadi gini gaes, dulu waktu jaman sekolah ada pelajaran PPKN kan? iya, materi pelajarannya untuk diaplikasikan sehari-hari cara kita bersikap, bertutur kata baik dan lain-lain sebagai makhluk sosial. 

Saya inget banget dulu waktu SD ada bab Tenggang Rasa, Tolong Menolong, Saling Menghormati dan lain-lain. Sekilas baca sih materinya mudah banget, apalagi pas ulangan ya pertanyaannya gak jauh-jauh dari materi then saya juga selalu dapat nilai tinggi mata pelajaran PPKN. Tapi apa pada praktek dilingkungan sosial semudah itu? Enggak, gak semudah itu malah saya ngerasa harus selalu diingetin buat gak sombong, gak bully orang dan memandang manusia tidak dari derajatnya didunia.

Terus apa nih hubungannya sama Tolong, Maaf dan Terimakasih? karena masih berhubungan sama PPKN hehe keliatannya sih 3 kata itu sepele tapi efeknya luar biasa lho, kalau kita terbiasa sopan dan menghargai orang pasti orang sekitar akan lebih sayang dan nyaman sama kita. Sayangnya, jaman sekarang orang-orang sudah mulai banyak melupakan 3 kata tersebut apalagi di sosial media :(.

Dulu waktu saya masih kuliah di Bandung dan Les Bahasa Inggris di LIA Buah  Batu, saya masih inget banget Mr. Hilman Guru les saya disana pernah tanya gini: "Kalian kalau habis naik ojek atau angkot suka bilang makasih gak?" lalu saya dan teman-teman menggelengkan kepala. Dalam pikiran saya saat itu "ngapain bilang makasih kan kita yang bayar", kemudian beliau melanjutkan "biasakan untuk selalu bilang makasih ya walaupun sama sopir angkot, kan bapak sopirnya sudah nganterin kalian sampai tujuan". Kata-kata Mr. Hilman itu sangat melekat dipikiran saya, sejak saat itu saya usahakan untuk selalu bilang terimakasih pada siapapun.

 
 Ada tiga poin penting untuk reminder diri sendiri agar tidak lupa mengucapkan
Tolong, Maaf dan Terimakasih, yaitu:

1. Bahasa Enggak Beli

Waktu saya masih kecil, kadang suka jutek sama orang lain dan males ngomong. Nenek dan Mama saya selalu ingetin " Bahasa itu enggak beli, bersikaplah nice kepada semua orang". Then i realized now, iya itu bener banget bahasa enggak beli jadi gak ada salahnya kalau saya selalu bilang makasih pada siapapun, mengucapkan maaf duluan tanpa gengsi jika merasa bersalah (tapi sama pacar masih suka gengsi sih dikit hihi)  dan mengatakan tolong jika meminta bantuan walaupun sepele. 

Bahasa beli kalau kamu les ditempat kursus sih hahaha kan harus bayar guru nya gaes :P. Nah, Kalau saya sendiri sih biasanya mengucapkan 3 kata tersebut jika:

a. Terimakasih
- Turun dari kendaraan umum, jangan lupa bilang makasih sambil senyum
-Sehabis transaksi, entah itu dikasir atau bayar makan ke ibu warteg
-Habis jalan sama temen , pacar, sodara. Biasanya saya chat " Makasih ya buat hari ini bla....bla..bla..". Well, mungkin ini kayak lebay banget but beneran deh ini bikin seneng dan ngerasa dihargai.
- Habis nanya ke siapapun, diakhiri dengan kata terimakasih. Kalau yg ini masih banyak bgt orang yang lupa bilang makasih, padahal sudah dibantu jawab tapi gak sedikit habis itu melengos pergi atau kalau di chat cuma di "read" doang.
 -Balas email klien hahahah tapi gak sedikit klienny malah gak bales sama sekali, yaudah.
-Habis di transfer duit, YAIYALAH. :p
- Pokoknya tanamkan di otak, kata makasih selalu diucapkan pada siapapun.

b. Maaf 
 - Maaf kalau dateng telat walaupun sama temen, nah ini suka disepelein nih biasanya mentang-mentang sama temen lupa minta maaf padahal dia udah nunggu lama.
- Maaf kalau bales chat/sms lama, apalagi kalau yg chat itu urgent nanya. 
- Maaf kalau nyenggol orang gak sengaja haha jangan langsung melengos pergi ya.
-Maaf kalau ngomong kasar
-Ucapkan selalu kata maaf kalau habis bikin orang lain kurang enak sama sikap, kelakuan kita.

C. Tolong, Please

- Kalau minta diambilin sesuatu sama orang lain pas jauh dari jangkauan atau pas lagi sibuk banget.
-Kalau titip amanat ucapan pada orang lain
-Minta bantuin pas lagi kesulitan apapun

Coba deh lebih enak mana?

" Ma, tadi aku lupa ac kamar belum dimatiin. Boleh minta tolong matiin ya, terimakasih.

atau 

"Ma, ac kamar matiin ya tadi lupa"

 Pasti yang pertama kan? karena penyampaiannya enak, maka yg diminta tolongpun gak keberatan. Dibanding kalimat kedua yang terkesan menyuruh.
 

2. Bukan Berarti Gila Hormat

Yaelah pengen banget sih dihormatin kek orang tua jaman dulu aja, enggak kok dengan kita membiasakan diri melontarkan 3 kata ajaib itu bukan berarti pengen banget dihormatin orang lain. Tapi mencerminkan pribadi yang menyenangkan dan menghormati orang lain melalui kata-kata yang terdengar "Sepele" itu, padahal sangat berarti bagi orang lain. 

Bukan enggak mungkin lho, dengan kita sering mengucapkan 3 kata tersebut kedepannya akan mendatangkan kebaikan pada kita. Entah itu rejeki dalam bentuk uang, kerjaan, relasi dan banyak lagi. Who knows kan?



3. Saling Menghargai satu sama lain untuk menciptakan lingkungan yang positif

 Bakal seneng gak sih kalau kita menciptakan lingkungan positif dan saling menghargai satu sama lain, padahal cuma lewat 3 kata itu doang? Pastinya dong...yang kita mintain tolong, yang kita tanya akan senang hati membantu kalau kita gak lupa buat menghargai mereka yang udah luangin waktunya buat bantu kita walaupun cuma jawab pertanyaan-pertanyaan biasa misalnya.


Ingetin saya ya gaes, kalau saya lupa ngucapin tiga kata ajaib diatas. Supaya saya menjadi pribadi lebih baik, menyenangkan dan menebar hal-hal positif. 

Yuk! kita mulai biasain lagi mengaplikasikan norma-norma baik dari pelajaran PPKN jaman sekolah dulu, biar adik-adik kita dan orang sekitar juga tertular kebiasaan kecil tapi berefek besar serta menyenangkan orang lain.


Thank you for reading
XOXO
Reiny
 

You Might Also Like

8 comments:

  1. Artikelnya bagus banget Reiii. Laf laf Rei deh :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe jadi malu akoooh *insert emot monyet tutup muka* hihihi makasih mbak arum :*. Laff laff mbak arum juga :D

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  2. Tjakep rei!
    Seskali tulisan curhat, enakbjuga trnyata X
    Buleipotan.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe maacih bule, iya sesekali nih reminder buat diri sendiri hahaha biar gak sombong :P

      Delete
  3. kereeennnn! keep it up kakaknyah hohoho emang penting banget 3 kata itu utk diterapin dari kecil...

    heyharley.blogspot.com

    ReplyDelete

Hallo...Thank you for visiting my Blog. Yuk tinggalin komen hore nya disini, biar kita makin akrab. Jangan pakai link hidup atau iklan ya!