[ Preparing Wedding Part V] Tips Menentukan Isi Seserahan

18:46:00 Andiani Beauty Journal 0 Comments

Hallo Girls...


It's been a long time saya gak nulis di sini dan rasanya kangen buangeeet, padahal ide dikepala tuh banyak yang ingin dituangkan melalui tulisan. Tapi, karena kesibukan saya as full time mom dan bayi lagi aktif-aktifnya kadang keburu lelah dan otaknya drained untuk nulis.

Well, sekarang saya mau share mengenai tips pribadi saya untuk menentukan isi seserahan pernikahan. I know...i know ini bagian paling menyenangkan buat kita para cewek-cewek hahaha belanja-belanja cantik dan nanti dipamerkan ke khalayak jadi hantaran dari pihak cowok. Seserahan sendiri ada yang mengikuti aturan adat yang saklek atau nasional aja, i mean yang lumrahnya gitu. Lalu...saat serah terima seserahan itu juga ada yang pas lamaran, ada juga pas sebelum ijab kabul.

Seserahan nikahan saya

Nah, saya sendiri tidak mengikuti aturan adat yang harus jumlahnya ganjil endabra-endebre...pokoknya ya secukupnya aja dan bisa dibuat berapa box. Serah terimanya pun kami memilih sebelum ijab kabul, pas lamaran dari keluarga laki-laki bawa seserahan berupa makanan-makanan gitu. Yaudah, buat temen-temen yang bingung gimana sih nyiapin seserahan tuh? yang dibeli harus apa aja? cuss kita bahas yuk!


Tentukan Budget

Duit, duit, duit hahaha ini urusan yang paling krusial beb. Iya sebelum beli apa-apa, saran saya sih discuss dulu sama calon suami atau calon mama mertua mereka mau kasih berapa buat kita belanjain seserahan. Jangan sampe udah cap cip cup, masukin dikeranjang shopee atau nandain yang kita mau. Eh ternyata budgetnya gak nyampe dan kecewa sendiri deh. Better di diskusiin kan dari pihak laki mau kasih berapa juta dan kita sesuaikan deh. Soalnya ya duit ini jadi salah satu godaan drama saat kita nyiapin nikahan juga. 

Sesuaikan dengan Gaya dan Kebutuhan

Buat saya pribadi barang-barang seserahan disesuaikan dengan gaya saya sehari-hari atau formal, biar bisa kepake terussss nantinya...gak cuma jadi penunggu lemari aja. Misalnya nih, kamu biasanya sehari-hari pake flat shoes polos buat kerja...eh karena ini buat seserahan pengen keliatan cakep di kotak seserahan kamu malah beli yang bertabur glitter buricak burinong. Pas kelar nikahannya kamu gak pernah pake, karena gak pd atau bukan kamu banget huhu kan sayang. Itu saran dari saya aja sih hehehe, karena kemarin saya ngumpulin barang-barang seserahan yang sesuai gaya dan kebutuhan biasa dipake aja. TAPI, saya milih yang merknya bagusan, awet dan valuable


- Listing yang mau dibeli

Biar gak kalap dan mati gaya, sebaiknya di list apa-apa saja yang mau dibeli untuk kebutuhan seserahan. Berikut ini saya share list seserahan punya saya ya, siapa tahu temen-temen jadi ada ide juga:
- Baju dan hijab (opsional bisa juga kain buat kondangan atau pesta atau baju kerja) tapi saya pilih long dress biasa aja dan hijab buat acara casual
- Sepatu formal 
- Sneakers (soalnya saya suka pergi-pergi pake sneakers)
- Alat mandi (termasuk handuk)
- Makeup 
- Skincare
- Parfum
- Tas kerja
- Clutch Pesta
- Baju tidur


Hasilnya, seperti foto di atas...untuk mukena saya gak masukin ke list karena mukenanya dipakai untuk maskawin. Cincin juga bukan seserahan ya, itu masuknya simbolis aja cincin nikah. Apa semua barang di atas kita beli pakai uang seserahan? oh tentu tidak! Hahaha karena saya beauty blogger dan saat itu saya masih bekerja di media suka dapet goodies skincare juga makeup. Maka untuk skincare, makeup dan parfum saya masukin dari goodies aja untuk seserahan hehe mayan kan hemat beb. Emang boleh kayak gitu? ya kenapa enggak boleh? hahaha. 
- Manfaatkan Momen Diskon

YES! manfaatkan momen diskon yang biasanya datang ditengah dan akhir taun, jadi tuh kemarin kita pas ngumpulin barang seserahan gak langsung beli semua satu waktu. Tapi, ya nyicil aja misalnya pas minggu ini ke mall...ada diskon sepatu inceran ya beli. Minggu depan atau bulan depannya ada diskon baju tidur ya beli hahahha gitu aja terooos sampe kekumpul semua. Untuk tas saya bandingkan harga online shop dan di toko ternyata harganya cukup jauh, saya memutuskan untuk beli online. Namun hati-hati ya barang palsu, pinter-pinter aja pilih olshop trusted yang jual barang original. 


Oh ya, saya belinya dianter calon suami saat itu hehe gak sama mama atau mama mertua. "Tapi aku nanti beli seserahannya sama calon mertua kak?" Ya gapapa dong, enak juga ada temen discuss hehehe ya ungkapi aja suka atau gak suka sama barang yang mau dibeli it's ok kok. 

"tapi budget dari calon suami sedikit kak?" ya kalau kamu rela nambah sendiri atau kayak aku ngumpulin dari goodies juga itu gapapa banget lho. Gausah dengerin kata orang yang " seserahan harusnya gini gitu", yang jalanin dan tau dapur kita itu ya kita sendiri kan? hehehe. Kalau nih misalnya ada barang inceran yang gak tercapai buat isi seserahan, gapapa berdoa aja nanti setelah nikah ada rejekinya buat beli. Bisa beli barang-barang yang kita pengen gak semua harus momen seserahan kan? habis nikah juga bisa. Dibawa santai aja hihihi let it flow, semoga tulisan ini membantu ya.

Thank you

You Might Also Like

0 komentar:

Hallo...Thank you for visiting my Blog. Yuk tinggalin komen hore nya disini, biar kita makin akrab. Jangan pakai link hidup atau iklan ya!