Tips: Improving Youtube Channel with Yonna Kairupan

12:32:00 Reiny Andiani Hadikusuma 8 Comments

Hallo Girls...


Mau jujur-jujuran nih sama temen pembaca andiani.net , jadi gini gaes sebenernya saya tuh udah punya akun youtube chanel kan dari akhir 2015 tuh. Yahhh...gegayaan aja sih niatnya buat penunjang blog ini, tapi ternyata saya susah jalanin barengan. Jadi yaaaa...gak seimbang youtube sama blognya, blog ini sih ya masih intens nulis kebalikannya dengan youtube yang jaraaaang banget saya upload. Ada beberapa alesan klasik sih yang bikin saya maju mundur buat growing youtube ini, misalnya: tools kayak kamera, ring light dan room yang kece. Terus udah keburu jiper duluan liat youtuber yang udah hits dan ngerasa ide-ide konten beauty saya too mainstream.


Belom apa-apa udah pesimis ya, padahal dulu ngemulai blog ini jalan aja tuh gak mikir tools atau hal-hal lainnya. Sampe akhirnya kemaren ikut workshopnya Youtuber/SFX MUA/ Founder IFB Bunda Yonna Kairupan yang bikin saya semangat buat mulai maen youtube lagi, kenapa saya bisa semangat lagi dan niat buat growing youtube? Nih dibawah bakal saya share beberapa intinya aja, kalau mau tahu detailnya? Cuss ikut kelasnya aja langsung sama Bunda Yonna ya biar lebih mantep.



1. Kenapa Youtube?

Some of us yang belum terketuk hatinya buat jadi content creator, pasti mikir "ngapain ah bikin youtube?" Kata bunda Yonna, kita hidup cuma sekali! and that's right gaes. Kalau kita ada kesempatan buat spread the positive vibes dan menginspirasi buat orang lain, why not? Siapa tahu pengetahuan kita yang kita sharing lewat youtube itu bermanfaat banget bagi orang lain.

Terus ya, gak bisa dipungkiri lah kalau di Indonesia ini sekarang apa-apa cari di youtube daripada nonton tv. Bisa dibilang generasi tutorial haha apa-apa cari tutorialnya di youtube ya kan? Nah, kalau kita bisa berbagi tips ya share aja di youtube toh? karena gak semua orang juga suka baca. Banyak orang yang gampang belajar sesuatu dengan visual. Selain itu bagi kita content creatornya juga, bisa nambah skill lho. Iya, misalnya yang tadinya kita gak bisa edit jadi belajar ngedit atau yang tadinya gak pede public speaking jadi belajar berinteraksi lewat youtube and so on...ya pokoknya banyak yang bisa kita improve deh skillnya. 

The last one! Money...ya siapa yang gak mau uang? pasti orang-orang langsung pada melek ya hahaha yap dari youtube kita bisa ngehasilin uang. Entah itu dari adsense atau endorse, banyak kesempatan menjemput rejeki dari youtube itu dan yang paling penting juga kita bisa memperluas jaringan relasi bisnis atau teman.



2. Fokus

 Jangan langsung down kalau liat youtuber lain udah sukses duluan, siapa tahu mereka kerja kerasnya juga lama dan merintis dari nol seperti kita saat ini. Iya, memang saat ini youtuber sudah banyak dan merasa ide kita sama dengan youtuber yang sudah ada. Tapi kan setiap orang punya ciri khas dan marketing masing-masing, micro influencer atau content creator newbie ini punya banyak kesempatan buat bikin akun youtube nya growing. Fokus pada tujuan kita nge -youtube, jangan fokus pada hal-hal yang menghambat misalnya: ah gue gak punya bakat, ah gak punya kamera bagus dan ah ini itu lainnya. Hello....bakat  bisa diasah kok asal kita mau, kamera? ya pake kamera smartphone aja dulu nanti kalau ada rejeki lebih kan bisa upgrade ke kamera. Pokoknya buang jauh-jau deh rasa pesimis, apalagi alasannya gak punya waktu? semua orang dikasih waktu 24 jam tinggal pinter-pinter manage dan disiplin aja.



3. Niche


Udah semangat ya sekarang buat bikin youtube? then ask yourself, mau kontennya tentang apa dan apa yang mau kamu share? Terus achieve impact dan benefitsnya apa? Jangan cuma ikut-ikutan tren, anget-anget eek ayam terus nanti bosen dan semangat diawal doang terus ditinggalin. Run it like a pro! lakukan seperti youtuber profesional, bukan hobi. Bikin jadwal dan persiapan lainnya, misalnya tentukan niche kamu apa? Kalau suka makeup ya bikinlah konten beauty atau suka traveling ya bikin konten traveling dan sebagainya. Kenapa butuh niche? ya, biar orang tahu alasan kenapa subscribe akun youtube kita dan tahu apa yang mereka cari di akun kita. 



4.Value


Ini nih penting banget! Bikin akun youtube harus berfaedah gaes, ada value nya buat orang lain yang nonton akun youtube. Jangan cuma vlog-vlog gak jelas dan gak bermanfaat, at least setelah nonton itu mereka jadi tahu atau mendapat "sesuatu" gitu.  Pilih aja mau educational, motivational, dan entertaining you decide lah.

5. Konsisten 

Alasan nge-youtube udah tahu, semangat udah ada, niche udah jelas, value buat viewers udah ngerti. Poin terakhir ini nih yang menurut saya paling susah, at least untuk saya sendiri. Ya! Konsisten, buat konsisten itu memang butuh komitmen dan keinginan kuat dari diri sendiri. Konsisten buat video dan upload itu harus, supaya orang mau balik lagi dan mengundang viewers-viewers baru. Jangan lupa juga manfaatkan sosial media untuk share link youtube kita, untuk mengundang viewers.



Sebetulnya banyak banget hal-hal yang lebih detail untuk growing youtube ini, tapi nanti nulisnya gak kelar-kelar saya hahaha serius bukan karena bunda Yonna ini temen saya, tapi beneran deh you better ikutan workshopnya aja secara langsung biar lebih greget dan langsung dapet motivasinya buat bikin youtube. 





 


Semoga tips yang saya dapet dari workshop Yonna Kairupan bisa bermanfaat buat saya dan temen-temen yang mampir ke blog saya ya, Workshop kemarin itu di Hotel Best Western Premiere The Hive  yang memiliki beberapa jenis ruangan meeting dan kita kebagian di Trigona room. Setelah workshop juga kita di jamu buka puasa dengan lebih dari 60 jenis takjil dan buffet makanan utama, seriously saya senang banget ikut workshop ini. Semuanya berisi, kenapa saya bilang begitu? Otak saya mendapat ilmu dan nutrisi baik, makanan enak dan goodies cantik dari NYX Indonesia yang nanti produknya bakal saya review juga.


Kalau temen-temen mau nginep atau bikin acara di Best Western Premier The Hive, bisa baca dulu pengalaman saya pas staycation di sini. Atau mau langsung cuss booking? info lebih lanjut dibawah ini ya:  

Best Western Premier The Hive  

Alamat: Jl. DI. Panjaitan Kav. 3-4, Jakarta Timur, DKI Jakarta 13340

Telepon: (021) 29821888

Website: www.bwpremierthehive.com
Facebook: Best Western Premier The Hive

Instagram: @bwpthehive

Twitter: @bwpthehive


You Might Also Like

8 comments:

  1. Reinyyy.. suka deh gayanya.. 😍 *salfok hahhaa!

    Thanks ya udh sharing.. yg masih jdi pe er terberat buat aku adalah konsisten.. hahaha 😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahha ah ayomi malah salfok, makasih btw hehe

      sama ku juga blm bisa konsisten

      Delete
  2. Semoga bakalan ada workshop part two-nyaaa yaaa :)

    ReplyDelete
  3. Jadi makin terarah bikin konten XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya hahaha jadi kita tau mau ngapain ya bule buat isi konten yucub

      Delete

Hallo...Thank you for visiting my Blog. Yuk tinggalin komen hore nya disini, biar kita makin akrab. Jangan pakai link hidup atau iklan ya!