Mencoba dan mulai membiasakan diri hidup sehat

11:40:00 Reiny Andiani Hadikusuma 6 Comments

Hallo...



Kalau lihat dari title postingan ini gaya banget gak sih? sok mau hidup sehat gitu hahaha padahal ya emang baru coba dan niatnya pengen konsisten *semoga ya* Aminin dong !. Setelah bulan puasa kemarin, saya kepikiran pengen ubah gaya hidup yang selama ini selalu makan sembarangan dan gak suka olahraga karena udah mulai kerasa kok gampang capek ya, kok bawaannya males dan gak enerjik mulu mengingat badan juga kok makin bulet sih apalagi pas lihat paha,betis dan lain-lain gitulah. Padahal ya saya sebelumnya belum pernah se-gendut ini deh, Kalau lihat foto-foto SMP-SMA terlihat banget beda nya dulu badannya pas aja sama tinggi badan saya gak terlalu gendut atau terlalu kurus, Hmmm sempet bertanya-tanya kenapa pas kuliah sama kerja malah tambah gendut? Ternyata jawabannya adalah pola hidup yang seenaknya. Semenjak Kuliah kan saya jadi anak kost, otomatis makan seenaknya dong dan jadi suka makan malem yang berat, terus setelah sekolah juga gak ikut ekskul yang bikin banyak gerak dan aktif padahal pas jaman sekolah saya jarang banget makan berat pas malem karena selalu di omelin mama takut aku jadi gendut dan kegiatan sekolah juga cukup padet.

Jaman kuliah dan sekarang aktifitasnya gak se aktif sekolah dulu, sekarang lebih banyak duduk depan laptop juga males olahraga gak kerasa deh badan makin bengkak belum lagi kalau keluar makan selalu makanan yang berlemak dan berkalori tingg. Baru deh sekarang mikir untuk pelan-pelan memperbaiki gaya hidup biar terbiasa.

Hal-hal yang sudah 2 bulan ini saya jalani adalah:


1.Home Workout

daytofitness.com
Olahraga banyak jenis nya, apalagi jika kita jadi member pusat kebugaran dan punya personal trainer, pasti nya hasil dari olahraga akan cepat terlihat perubahannya. Namun untuk menjadi member dan olahraga tersebut cukup menguras dompet belum lagi kalau tempatnya jauh dari rumah, bisa habis gaji saya untuk ke tempat gym saja hahaha alternatif nya saya suka download video-video home workout seperti zumba,plank,cardio dan lain-lain yang sekiranya tidak memakai alat juga mudah diikuti tapi efektif. Walaupun dirumah saya tetap pakai Baju senam dan sepatu untuk olahraga kok, biar lebih maksimal dan efektif , Baju senam juga sekarang gampang banget cari nya banyak di online shop dengan berbagai pilihan dan lucu-lucu banget bikin semangat hehehe. Home workout yang saya lakukan biasanya 3-5x seminggu dengan waktu 30 menit, belum ada perubahan signifikan sih pada bentuk tubuh namun badan terasa lebih fit dan tidur lebih nyenyak.

2. Banyak Minum Air mineral


bemozza.org
Sudah tidak asing lah ya, minum air putih yang 2-3 liter perhari itu is a must banget !, selain untuk kesehatan juga membuat kulit gak kering dan bercahaya *halah*. Saya biasa nya selalu membawa tumblr atau air mineral kemasan di dalam tas, jadi gak lupa deh buat minum terus kalau makan di resto/cafe pun sebisa mungkin saya minum nya air mineral.  Alhamdulillah sih, sudah beberapa tahun ini jarang sekali minum-minuman yang bersoda dan kalaupun minum-minuman berwarna paling es teh,lemon tea, es coklat dan green tea itu pun sekarang saya sudah mulai biasa kan untuk jarang banget minum-minuman tersebut dan mesti less sugar.

3.Banyak makan sayur dan buah

medicaldaily.com
Makan sayur dan buah bukan hal sulit sih bagi saya, karena memang pada dasar nya saya suka banget makan sayur dan buah. Namun yang jadi sulit jadi anak kost harus memilih warung makan yang sekira nya bersih dan sayur nya gak banyak pilihan, alternatifnya sih kalau gak masak sendiri ya stok buah yang di banyakin. Buah yang sering saya jadiin cemilan adalah pepaya, apel, melon dan jeruk hehehe honestly saya suka banget kiwi tapi harganya lumayan jadi jarang-jarang deh :p.

4.Kurangi Gorengan

wartakesehatan.com


MAKAN GORENGAN ! Ini hal sulit yang aku kurangi huhuhu kalau liat abang-abang gorengan di pinggir jalan suka gak tahan pengen beli,saya menyiasati nya jika keluar rumah harus makan dulu biar gak tergoda sama gorengan terus biasanya saya sekarang lihat dulu kalau abang-abang nya ngerokok saya gak akan jadi beli jajanannya.

5.Pikiran Positive

Slodive.com
Ini juga lumayan sulit untuk selalu berpikiran positive dan happy, karena selalu ada saja hal-hal yang mengganggu pikiran atau pun ada saja orang yang memancing mood kita jadi jelek apalagi saya orang nya moody parah. Salah satu cara untuk menghindari pikiran negativ adalah unfollow sosmed orang-orang yang suka marah-marah atau tebar kebencian, karena secara tidak langsung mereka mengganggu timeline sosmed kita dan bikin males lihatnya hahaha kita punya hak kok untuk bersih-bersih timeline dari orang yang bisanya ngeluh, marah-marah juga tebar kebencian di sosmed.

6.Pray

passion4people.com
Believe it or not, Ibadah menjadi salah satu fondasi buat saya hidup lebih sehat dan berpikiran positif. Hati dan pikiran lebih tenang juga bisa bebas berkomunikasi dengan tuhan apapun yang ingin saya sampaikan itu bikin adem dan lebih siap untuk menjalani hidup hahahah.

So far, baru segitu aja sih cara saya buat mulai hidup sehat dan berpikiran positif. Kalau kamu bagaimana?

Thank you for reading,
XOXO
Reiny

You Might Also Like

6 comments:

  1. Udah sering punya niatan kaya gini mbak, biasanya cuma jalan paling lama seminggu, trus kembali lagi ke pola hidup nggak sehat :(

    ReplyDelete
  2. memang susah untuk hidup sehat karena di luaran banyak yg berjualan yg tak sehat tapi enak2

    ReplyDelete
  3. Ini yg masih menjadi pr bagiku, minum aer putih 8 gelas

    ReplyDelete
  4. Juank: Mari di wujudkan mas hahha aku juga masih belajar buat konsisten dan emg cukup susah tapi semangat hahahha

    Tira: Iya yang bikin susah itu godaan makanan gak sehat yang diluaran sana apalagi junk food duh !

    Gustyanita: Ah aku malah minum air putih paling gampang hahha minuman favorit sepanjang hidup without worry with calorie :D yuk yang rajin minum air putih

    ReplyDelete
  5. Dulu aku rajin nih pola hidup sehat ^^ tapi semenjak hamil, ambyar semua u.u maunya ngemil yang manis mulu

    ReplyDelete
  6. Dweedy: hahahah kalau lagi hamil mah gapapa sih mbak, bawaan juga kali ya hihihi

    ReplyDelete

Hallo...Thank you for visiting my Blog. Yuk tinggalin komen hore nya disini, biar kita makin akrab. Jangan pakai link hidup atau iklan ya!