SOCIAL MEDIA

Jumat, 23 Oktober 2015

Hore ! Jalan-jalan seru ke Cianjur berkunjung ke PT.Tirta Investama

Hallo Guys !

Semua orang kayanya suka deh jalan-jalan ya kan? Even keluar rumah sebentar juga hihi soalnya jalan-jalan emang nyenengin banget apalagi travelling. Inget dulu waktu sekolah betapa excited nya kalau mau karya wisata bersama teman-teman dan guru-guru, sehari sebelumnya saya pasti sibuk packing dan beli-beli kebutuhan buat karya wisata terutama makanan ! seru banget bisa ngemil-ngemil  cantik dan sharing makanan di bis sambil nyanyi-nyanyi :D.

Eh ngomongin karya wisata ya, minggu lalu saya di ajak jalan-jalan bersama teman-teman blogger lain untuk mengunjungi PT.Tirta Investama a.k.a Pabrik Aqua di Cianjur, Jawa barat. Honestly, saya gak begitu asing dengan Cianjur, karena memang banyak saudara dan teman disana secara hometown saya kota Sukabumi memang tetanggaan sama Cianjur. Tapi kan ke Cianjur kali ini berbeda saya datang bersama teman-teman blogger dan berangkat dari Jakarta. Penasaran gimana cerita keseruannya saat visit ke Pabrik Aqua?, Yuk baca cerita nya…

Meeting point untuk keberangkatan yaitu di Citos, Jam 6 pagi kami sudah berkumpul disana dan absen haha *macem anak sekolah ya absen* lalu kami masuk ke mobil dan berangkat sekitar jam7 lebih. Jalanan memang tidak macet, ya bisa di bilang ramai lancer lah hehe kami melewati tol jagorawi, keluar ciawi dan melewati puncak untuk sampai ke Cianjur. Jam 11 kami sampai disana, seneng banget disana udara nya gak panas kaya di Jakarta ditambah lagi view gunung-gunung hijau di sekelilingnya.

Kami di sambut dan di jamu dengan sangat baik oleh Aqua

Formulir Daftar Tamu

Sebelum presentasi dan mendengarkan tentang PT.Tirta Investama. Kami diperlihatkan video mengenai briefing safety first terlebih dahulu karena untuk memasuki pabrik Aqua ini tidak bisa sembarangan, mengingat ini adalah pabrik yang memprosuksi air mineral jadi segala dan kehigieniesan nya harus selalu terjaga. Para visitor pun di wajibkan untuk mengisi data form dan mematuhi segala aturan untuk keselamatan dan kebersihan di area pabrik.

Presentasi dari Pihak Aqua yang menjelaskan dengan sangat jelas dari mulai berdiri nya Pabrik Aqua di Cianjur , yang merupakan pabrik ke-13 dari total 18 Pabrik Aqua yang ada Indonesia. Pabrik Aqua Cianjur juga luasnya lebih dari 12 hektar dan terletak di bawah kaki gunung gede, sehingga pemandangan sekelilingnya hijau dan sejuk. Jumlah Karyawan di Pabrik ini berjumlah sekitar 388 orang, selain itu pabrik Aqua  Cianjur juga mempunyai banyak program-program untuk lingkungan dan mendapat banyak penghargaan.

Setelah menyimak presentasi dari pihak Aqua dan ngemil-ngemil makanan tradisional, kami para peserta di persilakan tanya jawab mengenai Aqua. Lalu tiba pada waktu nya kami makan siaaaaang hore ! hahahaa pas kita ke ruang makan siang eh kesenengan deh kita di sajikan makan siang masakan khas sunda, even aku orang sunda aku jarang banget di Jakarta makan-makanan sunda hihi jadi berasa pulang kampong deh. Setelah makan siang dan shalat dzuhur, Bapak Nurul mengajak kami jalan-jalan melihat proses pembuatan Aqua dan kami tidak diijinkan untuk mengambil foto saat melihat proses pembuatan Aqua.

Let me tell you ya…pertama kita melihat plastic yang masih tebal berbentuk seperti pipa tabung raksa kemudian menjadi botol plastic ukuran 330ml, 600ml dan 1500 ml. Lalu botol-botol tersebut langsung di isi air yang tentu nya telah melewati beberapa tahap filter untuk memastikan bersih 100% dari bakteri, botol-botol tersebut dit tutup dan melewati proses scan oleh mesin yang dimana kalau ada botol yang tidak memenuhi standar akan berjatuhan dengan sendiri nya, kemudian proses berikut nya ditempel label dan di pack ke dalam dus. Dari awal proses pembuatan sampai packing semuanya menggunakan mesin, jadi sudah terjamin kan higienisnya tidak ada campur tangan manusia kecuali pada tahap akhir setelah di pack di dus untuk keperluan quality control dan fyi dalam 1 jam 1 line itu dapat memproduksi 40 ribu botol aqua !.

PT.Tirta Investama tidak hanya medirikan pabrik saja di cianjur, tetapi juga membina para petani di area sekitar pabrik agar petani nya lebih sejahtera dan hasil pertaniannya lebih maksimal dibawah binaan CSR PT.Tirta Investama. Hipoci adalah (Himpunan Petani Organik Cianjur Indonesia) yakni komunitas petani organic dibawah binaan CSR Aqua, kami para blogger setelah makan siang diajak jalan-jalan ke secretariat hipoci dan track jalannya lumayan amazing hehe berbelok-belok dan perkampungan nya masih banyak banget pohon bamboo yang tinggi-tinggi, duh jadi bikin video clip deh ! *lho*.

Sesampai nya di secretariat Hipoci, Bapak Agan menjelaskan tentang Hipoci mengenai program dan hasil produksi para petani-petani tersebut. Salah satu hasil produksi unggulan Hipoci adalah beras cianjur yang memang sudah terkenal enak dan pulen, selain itu produk beras dari Hipoci ini tidak memakai bahan pengawet lho !. Bapak Agan juga menyampaikan bahwa istri-istri petani juga ikut mengolah hasil produksi petani-petani hipoci seperti mengolah beras menjadi cemilan kue Ali atau biasa kita mengenalnya kue cincin. Lalu selain program pertanian juga, Hipoci mengolah sampah-sampah plastic seperti botol aqua yang telah di crash.

Kami tidak lama berkunjung ke Hipoci, mengingat hari itu adalah hari sabtu yang berarti puncak selalu macet kalau weekend. Maka kami segera kembali ke ibu kota dan pas jalan pulang kami melewati sawah-sawah luas berundak yang katanya sih merupakan lahan pertanian nya petani Hipoci, serius seneng banget deh lihatnya adem dan segar melihat pemandangan sawah-sawah dan pepohonan di sekitarnya.

Oya Untuk kalian yang suka menulis, Aqua sedang mengadakan lomba menulis untuk Anugerah Jurnalistik Aqua yang ke V dengan tema " Kelestarian Lingkungan dan Air sebagai tanggung jawab bersama" .