SOCIAL MEDIA

Monday, 28 December 2020

Cara Aku Mengatasi Beruntusan akibat Blackhead dan Whitehead

 Hallo Girls...

    Wow! 2020 udah tinggal 4 hari lagi, gila sih taun ini bener-bener berat bgt buat dilaluin penuh rasa was-was terutama kesehatan. Saya dan keluarga masih tetap bertahan dengan sembarangan pergi-pergi apalagi liburan, semoga 2021 jadi harapan baru pandemi usai dan vaksin sudah bisa di distribusikan Amin.

    Anyway, saya mau berterimakasih pada diri sendiri di tahun 2020 ini saya lebih konsisten memakai skincare dan makin paham terhadap kondisi kulit plus mengatasinya. Gak nyangka lho, postingan artikel saya di tahun 2014 yang ini Cerita melawan blackhead dan whitehead masih ada yang baca dan meminta kelanjutannya. Oke lah, sekalian saya update di artikel terbaru ini cara saya ngatasin beruntusan sekarang yang menunjukan kondisi kulit semakin signifikan walau belum full mulus. 

1. Cari tahu dan pahami jenis kulit
 
Yes, pertama kita harus tau dulu jenis kulit kita apakah kering, berminyak tapi dehidrasi, kombinasi, acne prone, sensitif kah atau yang paling ideal tuh jenis kulit normal. Caranya? ya kita bisa tes sendiri dan banyak bgt artikel yang ngasih tau atau video youtube nya kok. Dengan kita tau jenis kulit, ini akan memudahkan buat milih skincare yang kita butuhkan buat atasin beruntusan yang sesuai dan insyaallah bekerja dgn baik.

2. Mulai dari Basic Skincare

Kak, aku pake skincarenya dari mana dan produk apa?, dimulai dari basic skincare. Basic skincare sendiri merupakan skincare paling dasar buat perawatan kulit, sebelum kita pakai serum-serum actives dan tambahan produk lainnya mulai dari basic skincare:

- Cleansing
 Di tahap awal cleansing ini yang bener-bener berasa ngaruh ngurangin beruntusan, kenapa? karena penyebab komedonya bersih tuntas jadi cikal bakal beruntusan itu gak bertambah lagi guys. Untuk cleansing sendiri ada dua tahap, first cleanser dan second cleanser. 
    Untuk kulit saya yang berminyak dan acne prone, saya lebih cocok memakai first cleanser yang bahannya oil based seperti cleansing balm dan cleansing oil. Dipakenya kapan? Cleansing based ini dipakai saat hapus makeup atau debu sebelum kita ritual skincare di malam hari. Setelah dibilas dengan air, lanjutkan memakai second cleanser yang biasa kita sebut sabun cuci muka untuk menuntaskan dan membersihkan wajah.

- Toning

    Selanjutnya pakai toner yang jenis hydrating, untuk mengembalikan pH kulit dan melembapkan kulit wajah agar siap menerima skincare lanjuta. Toner sendiri ada dua macam, yaitu hydratin toner dan exfoliating toner. Tapi, di basic skincare ini kita pakai hydrating toner dulu aja ya. Pilih hydrating toner yang sesuai kebutuhan kulit, udah banyak bgt sekarang merk lokal punya hydrating toner bagus dengan harga terjangkau.

 - Moisturizing

Kunci kelembapan kulit dengan pelembap, nah milih moisturizer juga agak tricky nih. Buat kulit berminyak disarankan pilih pelembap yang teksturnya gel-ish atau lotion, biar gak nyumbat pori-pori dan gak greasy. Untuk kulit kering atau normal, bisa pilih yang teksturnya lebih thick dan creamy, biar lebih ngunci dan tahan lama lembapnya gitu. Sampai tahap ini kalau untuk malam hari sudah cukup sih, tapi kalau untuk pagi hari masih ada step terakhir.

- Protecting
    Nah, untuk pagi sampai sore hari kita butuh perlindungan ekstra dari sunscreen dari paparan langsung sinar UVA dan UVB. Sunscreen disebut-sebut sebagai anti-aging terbaik, karena penyebab penuaan itu paling besar ya dari paparan sinar matahari langsung yang bikin timbul bintik hitam, kerutan dll. Plus, skincare malam kita juga gak akan bekerja kalau siang harinya kulit kita gak dilindungin sunscreen, jadi pake sunscreen itu wajib ya mau di indoor yang ada jendela ataupun aktivitas outdoor. Pilih sunscreen dengan minimal spf30 dan teksturnya enak dikulit, gak bikin kusam dan gak bikin komedoan pun gak ganggu performa makeup. Next time, saya bahas deh rekomendasi sunscreen yang ok menurut saya. 

Pengalaman saya 5 bulan terakhir menerapkan Basic skincare setiap hari, kulit saya jauuuuh lebih baik dan beruntusan terus berkurang plus komedo pun munculnya gak jadi beruntusan baru. Kulit jadi lebih seimbang, gak gampang minyakan, beruntusan berkurang dan jarang jerawatan.

3. Konsisten 

Konsistensi adalah kunci itu bener adanya, ya sepengelaman saya sih gitu ya...gak skip cleansing step dan rajin pake skincare dasar aja kulit saya sembuh secara signifikan apalagi ditambah actives ingredients dan exfoliating makin mantul dah. Nanti saya update before-afternya ya.


Thank you for reading

Post a comment

Hallo...Thank you for visiting my Blog. Yuk tinggalin komen hore nya disini, biar kita makin akrab. Jangan pakai link hidup atau iklan ya!