Pengalaman Naik Kereta Kelas Eksekutif ke Bandung bawa bayi

07:10:00 Andiani Beauty Journal 0 Comments

Hallo Guys...

Agak berbeda dengan postingan blog biasanya, kalau biasanya temen-temen mampir ke sini buat baca review. Kali ini saya mau berbagi cerita pengalaman saya saat family trip ke Bandung naik kereta, menurut saya ini spesial. Kenapa? karena ini pertama kalinya kami naik kereta ke Bandung dan membawa Rubi liburan pertama ke Bandung, di mana Bandung merupakan kota yang pernah saya tinggali selama kuliah di sana. Bandung always have special place in my heart. 

Ok, kita langsung mulai aja ceritanya...


Mau ngapain ke Bandung? pure liburan aja, since setelah lahir Rubi kita belum pernah liburan bertiga. Jadi, buat pemanasan kita coba dulu Bandung ya yang deket hehe.

Kenapa pilih naik kereta? Duh beb! sekarang tuh Jkt-Bdg macetnya ampun-ampunan dan saya gak yakin bakal sabar banget ngadepin macet plus bawa bayi yang unpredictable mood-nya ye kan. Tapi seperti yang kita tau ya, kalau tiket ke Bandung itu cepet banget habisnya apalagi weekend. Di sini saya mau berbagi tips booking tiket dan experience naik kereta sama bayi ya, kita ke Bandung september lalu pas Rubi usianya 8 bulan lebih.

1. Rencanakan dengan matang






First family trip setelah ada Rubina 🥰 kenapa pilih Bandung? 1. Deket and Bandung always have a special place and memories 2. Rubi,di kota ini lho emak bapaknya kuliah dulu 3. Pengen makaaaaan sama jajaaaaanan sunda euy sono aku teh (tapi belum makan cimol buah batu kemaren teh lupa 😩) 4. Ketemu temen kuliah (walau ga semuanya ketemu dan ditemuin sih, karena ya belum jodoh aja) 5. Ya, trial dulu liburan deket...oh wow! barang bawaannya banyak ya seeeeus 😆 Lesson learned, kudu rajin olahraga nih biar kalau liburan ga gampang capek dan stamina nya mantap. Gendong bayi dan bawa tas, koper dll walau bareng bapaknya tuh yaaaa gempor juga sih. Gimana kalau ke Jepang? hahahaha. Overall, kita fun aja sih liburan sama bayi...ada drama dikit wajarlah liburan sama manusia dewasa aja suka drama kan? tapi kali ini aku ga beli baju baru guys 😭. Gak ada foto bertiga jugaaaa hahahah sekalinya ada selfie rubi nya blue 🤣 Can't wait for upcoming our trip, where's next? wondering Jogja, Bali, Sg or Jepuuun? hahahaha yang terakhir sih maunya akuuuu buat belanja 🤣🤣 dah nanti aku share itinerary, hotel dll nya di blog ya. Selamat menghabiskan sisa hari minggu ❤️ #bandungtrip #bandungjuara #familytrip #holidaywithbaby
A post shared by Beauty Blogger | Reiny A.H (@andiani91) on


Menurut saya, pergi sama baby tuh susah untuk dadakan ya. Bukan gak bisa sih...tapi ya kalau dadakan tuh saya pribadi suka ada yg skip. Ditambah lagi saya orangnya suka planning, pengennya rapih terstruktur kalau traveling atau mau ke mall aja saya harus tau mau ngapain aja. Kami merencanakan liburan bertiga dari dua bulan sebelumnya, jauh amat ya ke Bandung doang padahal hehe ya takut ada hal tak terduga. Eh bener aja, ternyata neneknya Rubi ngajak ke Surabaya awal september lalu...untung kita belum booking tiket. Jadi, jadwal liburan ke Bandung kami buat mundur dan kasih jarak sekitar 2 minggu. Soalnya kalau jaraknya deket-deket takut Rubi capek dan tumbang.

Kami memutuskan buat liburan 4 hari 3 malam, pergi hari kamis dan pulang minggu siang. Usahakan booking tiket kereta 4 atau 3 minggu sebelum tanggal keberangkatan, biar kita bisa pilih tempat duduk. Setau saya tiket ke Bdg h-2minggu tuh biasanya udah hampir abis. Apalagi kelas eksekutif, kemarin kita coba yang kelas eksekutif btw. Liburan ke Bandung ini semua saya yang atur, bapaknya dan Rubi tau beres aja. Saya booking tiket dan hotel via pegipegi.com apps di hp, beberapa taun terakhir saya selalu booking tiket kereta di situ udah enak aja. 


2. Bikin Itinerary

Tiket kereta pp sudah aman dan booking hotel, tinggal susun itinerary. Walaupun ke Bdg aja, susun jadwal tetep harus sih menurut saya apalagi bawa bayi. Saya bikin itinerary mulai dari keberangkatan, list makanan yang mau dicoba, tempat yang mau dikunjungi dan kegiatan kita selama di Bdg. Alhamdulillah, kemarin sesuai dengan ekspektasi kita itinerary nya hehe.

3. Pengalaman Naik Kereta Eksekutif bersama baby

Ya, saya tau ini yang paling ditunggu kan? Kami pilih jadwal yang jam set11 an dari stasiun Gambir, Jakarta. Btw, kemarin ke Bandung tentu saja kita bawa stroller, diaper bag dan 1 koper untuk bersama. Dari rumah ke stasiun kita pesan go-car, Rubi ketiduran di go-car karena memang jam tidurnya dia kalau habis mandi pagi. Sesampainya di stasiun, kita brunch dulu di Bakmie GM dan Rubi bangun tapi gak rewel.

Di stasiun juga kita langsung print tiket keberangkatan dan langsung naik ke atas menuju peron setelah selesai makan. Untuk penumpang priority, disediakan lift paling ujung.  Soalnya peer banget sih kalau naik tangga tuh, banyak banget anak tangganya plus gendong bayi dan bawa koper tuh yaaaaa gempor. Jadi, kita pilih naik lift. 

Kita naik kereta 15 menit sebelum keberangkatan, Rubi teriak-teriak di kereta bawel ya khas anak bayi yang caper gitu lho biar di notice orang. Saya sediain cemilan dan nyusuin dia sebelum kereta jalan, tapi kayaknya dia belum mau tidur. Malah manggil-manggil bayi bule yang diseberang belakang tempat duduk kami haahaha cakep sih bayi bule nya, tau aja ya nih bayi cowok cakep.

Suami saya udah mulai kewalahan liat Rubi gak mau diem hahahha pengennya berdiri-diri dan jumpalitan, saya sih santai karena sebelumnya udah pernah naik kereta bareng Rubi ke Sukabumi. Saya masih sabar ngadepin Rubi gak mau diem, ya namanya bayi hehe kalau rewel mungkin saya stress. Selang 10 menit kereta jalan, Rubi minta nyusu dan blasss tidur sampe Bandung. Saya dan suami juga ikutan tidur, begitu mau sampai Rubi bangun. Begitupun pas pulang, Rubi tidur sampai Bekasi hehe pokoknya sekitar tiga stasiun lagi lah dia bangunnya. Memang sengaja saya set jadwal pp Bdg-Jkt di jam tidurnya Rubi, jadi selama perjalanan cukup bisa menikmati dengan bonus lengan kemeng sebelah gapapa deh. 

Jadi, gimana kapok gak naek kereta sama baby? enggak hehehe seru kok. Asalkan kita tau adjust jadwal tidur dia, sedia cemilan atau susu dan bawa mainan kesayangannya. Mungkin kalau baby nya mulai rewel, digendong aja bawa jalan atau berdiri sekitar tempat duduk. Kalau buat ke Bandung sih ok ya, tapi kalau ke Jawa hihi kayaknya mending naek pesawat aja deh. 


Ada fasilitas apa saja di kereta kelas eksekutif Jkt-Bdg? Fyi, buat yang belum pernah dan mungkin tertarik naik kereta ke Bandung ataupun sebaliknya. KAI Argo Parahyangan menyediakan 3 tipe kelas yaitu: Ekonomi, eksekutif dan priority. 
Untuk range harganya:Kelas ekonomi Rp110,000/ keberangkatan 
                                  Kelas eksekutif Rp150,000/ keberangkatan
                                  Kelas priority Rp 290,000/ keberangkatan
Kalau armada kereta lain saya belum tahu, karena ada beberapa kereta lain juga seperti Mutiara selatan atau Pangandaran...mungkin harganya beda tipis. Oya, untuk anak usia dibawah 3 tahun tidak dikenakan biaya namun tetap dapat printed ticket. Tidak disediakan kursi atau tempat khusus untuk bayi, jadi ya paling digendong sama orang tuanya aja atau buka stroller jika dibutuhkan. 

Untuk fasilitas setiap kelas itu berbeda, karena kami pilih kelas eksekutif. Kursinya dua-dua yang menghadap kedepan semua dan disediakan bantal kecil, ini cukup bantu sih buat saya menyangga baby pas nyusuin atau pas baby tidur. Jarak kursi depan dan belakangnya cukup luas, ada space lah buat selonjoran terus kalau sisi kursi ditarik juga ada meja buat makan minum dan tersedia colokan. Kalau laper/haus gimana? tenang nanti pas kereta udah jalan suka ada staff KAI yang menjual makanan berat, cemilan dan minuman...sedia uang cash aja ya. Namun, jika ingin lebih nyaman tempat duduknya bisa pilih kelas priority yang disediakan lounge bar khusus untuk ngemil dan minum teh di sana. 

Ke Bandung bakal naek kereta lagi? YES, soalnya gak macet...perjalanan sekitar 3 jam-an dengan bonus pemandangan gunung dan sawah disepanjang perjalanan ke Bandung uhhh seger.


Menurut saya poin penting traveling sama bayi tuh persiapan yang matang dan turunkan ekspektasi, karena unpredictable....let it flow and make it fun


Kalau di postingan selanjutnya saya bikin sharing tips pilih hotel yang baby friendly dan cerita saya mandiin baby anti-ribet di wastafel mau gak? hehehe komen dibawah ya. 


See you on my next post, thank you for reading. 

You Might Also Like

0 komentar:

Hallo...Thank you for visiting my Blog. Yuk tinggalin komen hore nya disini, biar kita makin akrab. Jangan pakai link hidup atau iklan ya!