[TIPS] PERAWATAN WAJAH UNTUK KULIT BERMINYAK

21:01:00 Reiny Andiani Hadikusuma 10 Comments

Hallo Girls...


Perawatan wajah merupakan salah satu investasi kita untuk jangka panjang agar wajah selalu sehat dan cantik, khususnya perempuan yang sudah harus menjaga kesehatan wajah sejak remaja. Apalagi Indonesia dengan iklim tropis yang membuat penduduknya kebanyakan memiliki kulit berminyak, dulu bagi saya memiliki kulit berminyak itu disaster banget. Kenapa? karena bikin kulit saya gampang kusam, jerawatan dan komedo yang selalu muncul.




Tapi sekarang saya sudah bisa berdamai dengan kulit berminyak, soalnya saya sudah punya beberapa solusi untuk mengatasi dan merawat kulit berminyak. Berikut ini saya mau berbagi tips step perawatan wajah untuk kulit berminyak yang gampang banget diikuti:


1. Double Cleansing Method

Masalah utama yang sering dikeluhkan pemilik kulit berminyak adalah pori-pori besar yang menyebabkan kotoran mudah masuk dan menyumbat pori, sehingga mudah tumbuh jerawat. Oleh karena itu, saya membiasakan diri untuk melakukan double cleansing method.

Apa itu double cleansing method? yaitu proses membersihkan wajah dari sisa makeup dan kotoran dengan 2 tahap pembersihan. Tahap pertama biasanya wajah dibersihkan dengan cleansing oil, micellar water, cleansing balm atau cleansing milk. Kita bisa memilih salah satu jenis cleansing untuk membersihkan wajah pada tahapan pertama, selanjutnya cuci wajah dengan facial wash yang biasa digunakan.


2. Toning

Selanjutnya aplikasikan toner agar wajah benar-benar bersih dan mengembalikan ph kulit setelah cuci muka. Toner juga terbagi menjadi dua jenis, yakni exfoliator toner dan hydrating toner. Pertama aplikasikan exfoliator toner yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati, kemudian disusul dengan memakai hydrating toner yang berfungsi untuk melembabkan wajah.


3.Moisturizing

Tidak cukup sampai toning saja, masih ada step perawatan wajah yang penting agar kulit berminyak terawat dan lembab. Meskipun kulit berminyak terlihat sudah cukup lembab, tapi bukan berarti gak butuh pelembab lho. Justru kulit berminyak butuh moisturizer/pelembab wajah sebagai penyeimbang kelembaban kulit wajah. Biasanya pelembab yang cocok untuk kulit berminyak memiliki kandunga water based dan teksturnya gel agar cepat menyerap ke dalam kulit serta tak menyumbat pori. Urutan pelembab wajah pun tidak satu tahap, biasanya ada tiga tahapan seperti: serum, face oil, moisturizer. Tapi jika kamu merasa repot, cukup kok moisturizer saja sebagai pelembab nya.


4. Protecting


Lho, wajah kan sudah pakai moisturizer kok masih ada protecting? Iya, masih ada karena wajah butuh perlindungan setelah memakai rangkaian skincare diatas. Misalnya pada pagi hari, habis melakukan urutan diatas kamu wajib proteksi kulit dengan sunblock atau sunscreen agar kulit terlindungi dari paparan sinar matahari langsung. 


Selain itu proteksi lainnya adalah memakai obat jerawat jika dibutuhkan. Pemilik kulit berminyak ataupun bukan, sebaiknya memiliki obat jerawat andalan just in case jerawat datang tiba-tiba apalagi pas mau datang tamu bulanan.  


Mungkin terlihat repot ya dengan urutan perawatan wajah yang harus digunakan? tenang saja kamu hanya perlu menyempatkan 5-10 menit saja untuk melakukan step-step diatas demi mendapat kulit sehat, lembab dan mulus. Kalau kamu butuh tips perawatan kecantikan lainnya baca saja disini, jangan lupa juga untuk selalu melakukan treatment mingguan seperti maskeran dan peeling ya.

Nah, kalau urutan perawatan wajah kamu gimana girls? Share yuk!

Thank you for reading
XOXO
Reading

You Might Also Like

10 comments:

  1. Belum nemu toner yg cocok. Hiks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe semangat cari yg cocok hihi aku aja pake tony moly sama hadalabo skrg

      Delete
  2. Reiny pantedan makin caem aja rajin dirawat ya coba apalah aku ini selama ini only double cleansing lalu bobo hahaha dan baru sadar setelah skrg umur 30 mulai deh malah skrg aku pake essence, oil, serum hmmm... sesuatu lah hahaha...

    ReplyDelete
  3. Hahaha mommy nya kakak safa nih bisa aja, ini mungkin anglenya lg pas aja. Wah aku lg penasaran sama face oil . Tp mahal ya huhu nabung dulu deh, aku jg klau lg mls suka skip kdg hihi

    ReplyDelete
  4. kulitku itu sensitive-kombinasi tapi kurang lebih perawatannya sama kayak kmu. malah kalau pake make up aku triple cleansing (padahal bb cream-alis-maskara-blush-bedak doang LOL) :p

    Ray http://elusive-enigma.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Raydita, wah sama dong perawatannya hehhehe woh triple cleansing? gimana tuh? share dong disini hihi

      Delete
    2. kalau aku lagi pake daily make up biasa nya pertama untuk bersihin mata pake maybelline yg eye make up remover. untuk muka pertama aku pake cleansing milk viva yg green tea terus lanjut bioderma hydrabio micellar water terus terakhir aku cuci muka pake cetaphil gentle cleanser, habis cuci muka lanjut toner dll :D

      Delete
  5. masih berusaha nyari moisturizer yang cocok nih, tiap nyoba baru berapa hari udah breakout hiks :'

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehheh semangat rizkika buat cari moisturizernya :))

      Delete
  6. kak, nanya dong skin care terbaru yg sekarang lagi dipake apa aja, menurut urutan tadi

    ReplyDelete

Hallo...Thank you for visiting my Blog. Yuk tinggalin komen hore nya disini, biar kita makin akrab. Jangan pakai link hidup atau iklan ya!