Tips Cermat Memilih Yoghurt Berdasarkan Nutrisi dan Jumlah Kalori

13:46:00 Reiny Andiani Hadikusuma 2 Comments



Waktu saya kecil, nemuin yoghurt itu jadi hal yang jarang dan sangat berharga. Kenapa? Karena belum menjamur minimarket kayak sekarang ini dan produsen yogurtpun belum banyak yang memproduksi yogurt menjadi minuman praktis yang mudah ditemukan dan dibawa kemana saja untuk dikonsumsi. Kalau sekarang sih enak ya, kita bisa nemuin yogurt dimana saja seperti halnya susu.
Sejak yogurt kemasan travel friendly mudah ditemukan, saya jadi jarang mengonsumsi susu dan beralih ke yogurt saja karena menurut saya rasanya lebih enak dan kandungannya lebih say butuhkan daripada susu. Namun, bukan berarti saya sembarangan beli yogurt lalu semuanya saya sukai sih, ada beberapa hal yang saya pertimbangkan dan perhatikan sebelum memilih yogurt misalnya rasa, kemasan dan kandungannya. Apakah itu penting? Oh buat saya tentu saja…apalagi kalorinya saya pasti baca dulu tuh. Berikut ini saya mau share tips cermat memilih yogurt dan yogurt yang biasa saya konsumsi.

Teliti Memilih Yoghurt
Saat di rak khusus yogurt, biasanya saya sih gak langsung ambil-ambil aja yogurt. Tapi saya berhenti dulu sejenak dan membaca dengan teliti kandungan gizi dan benefit lainnya kayak kalorinya berapa, menurut saya ini penting banget apalagi kalau lagi diet saya butuh yogurt yang rasanya enak tapi kalorinya gak gede, terus rendah lemak, rendah gula tapi kalsiumnya tinggi dan mengandung prebiotic. So, buat temen-temen juga ada baiknya teliti sebelum memilih yogurt sesuai kebutuhan masing-masing. Agar manfaat yogurtnya terasa maksimal untuk kesehatan dan kecantikan tubuh kita.
Manfaat Yogurt untuk Kesehatan dan Kecantikan
Yogurt sering disebut salah satu “natural remedies”, karena kandungan dalam yogurt dapat membantu mencegah kita terserang berbagai penyakit, contohnya pencernaan menjadi lebih lancar dan yogurt juga mempunyai manfaat baik untuk kecantikan kulit seperti mencegah munculnya jerawat, membuat kulit lebih halus dan lembut juga dapat membantu menurunkan berat badan.
Nah, sekarang saya mau share yogurt favorit saya yang biasa saya konsumsi…
Heavenly Blush



review-heavenly-blush-yoghurt

Heavenly blush ini salah satu yogurt favorit saya, kenapa saya memilih yogurt ini? Karena asamnya pas dan kalorinya hanya sekita 90-100 kalori saja per-kemasannya. Selain itu mudah dibawa kemana saja untuk bekal saya saat aktivitas diluar untuk cemilan sehat, daripada jajan-jajan gak jelas kan? Semua rasanya saya suka terutama yang stroberi.

Kemasan:
Hadir dengan kemasan tetrapak yang ukurannya pas untuk dibawa kemana saja, material kertas untuk kemasannya juga cukup tebal dan higienis sehingga aman tidak mudah rusak. Dilengkapi dengan sedotan yang jelas memudahkan kita mengonsumsi yogurt ini, apalagi buat cewek-cewek yang suka lipstikan macem saya ini bantu banget biar lipstick gak nempel banyak dan beleber kemana-mana. Lebih anggun ya kan minumnya? Designya juga simple dan menarik. Dibagian belakang terdapat informasi lengkap seperti nutricition pack, komposisi dll.
Nutrcition Fact:
review-heavenly-blush-yoghurt
Informasi gizi nya tertulis dengan jelas kalau Heavenly Blush yogurt ini energi totalnya 100 kalori untuk rasa stroberi dan energi dari lemak 20 kalori. Lalu table persentase kandungan lainnya, bisa dilihat kalau kandungan kalsiumnya cukup tinggi yaitu 355mg atau 45% menurut AKG.


review-heavenly-blush-yoghurt
Heavenly blush yogurt rasa peach kalorinya lebih rendah daripada yang stroberi yakni 90 kkal energi total dan 15 kkal energi lemak,  total karbohidratnya juga lebih rendah 1% dibanding yang stroberi. Untuk kandungan kalsiumnya sama tinggi 335mg atau setara 45% menurut AKG.
 

Sama halnya dengan rasa peach, untuk yogurt rasa black currant juga jumlah kalori dan persentasi nilai gizinya sama dengan rasa peach kecuali karbohidratnya yang lebih tinggi 1% dari rasa peach.
Rasa
Heavenly Blush strawberry adalah yogurt yang paling sering saya konsumsi. Rasa asamnya pas dan manisnya tidak berlebiha, segar saat diminum apalagi dengan aroma serta rasa stroberi yang menyegarkan.
Jarang ada yoghurt yang menyediakan rasa blackcurrant, rasa blackcurrant berpadu dengan yoghurt alami yang nikmat apalagi dikonsumsi saat keadaan dingin. Hmm…fresh banget deh, bikin semangat.

Menurut saya rasa peach ini Variant Heavenly Blush yang rasanya paling ‘kalem’, saat mengonsumsinya itu terasa tenang dengan aroma peach yang khas dibalut yogurt yang asamnya tidak berlebihan. Bikin pikiran jadi lebih kalem dan perasaan adem.

Kalau yang diatas itu yogurt yang sering saya konsumsi karena kemasannya praktis, kalori lebih rendah dan rasa asamnya pas. Lain lagi dengan yoghurt favorit saya satu lagi, yang rasanya sedikit lebih strong.


Cimory Yoghurt Drink


Setelah Heavenly Blush, ada lagi nih minuman yogurt yang suka aku konsumsi juga yaitu cimory yogurt drink. Tapi kalau mengonsumsi minuman ini saat aku berada ditempat yang ada kulkasnya, seperti kantor dan rumah. Kenapa? Karena cimory baik diminum saat dalam keadaan suhu dingin, tidak disarankan ada dibawah sinar matahari langsung atau tempat diatas suhu 20 derajat. Jadi, kurang travel friendly cocok dikonsumsi untuk cemilan disela kesibukan dirumah atau kantor jika sedang ingin minuman segar dengan rasa asam manis yg cukup kuat.
Kemasan:
Berbeda dengan heavenly blush, Cimory Yogurt drink dikemas dengan botol plastik yang imut dan designnya juga cukup menarik. Cimory yogurt drink isinya lebih banyak 50ml dari heavenly blush, bentuk tutup botolnya diputar dan cukup kokoh tidak mudah tumpah.
Nutricition Fact:

Cimory Rasa Leci:

Bisa dilihat kalau kalori dari cimory yogurt drink rasa leci adalah 240 kkal energi total dan 70kkal energi dari lemak, kandungan kalsiumnya 20% dan mengandung berbagai vitamin. Rasa leci ini asamya cukup kuat dan sangat terasa buah lecinya berpadu manis dan asam yang menyegarkan, cocok buat yang suka asam manis dengan rasa yg kuat.


Cimory Rasa Strawberry:
Kandungan gizi pada cimory yogurt drink rasa stroberi juga sama dengan rasa leci, kalau soalnya rasanya? Ya tentu beda, kalau yang ini asamnya tidak sekuat yang leci namun tetep terasa sih asamnya dengan rasa stroberi  yang segar.

Cimory Rasa Blueberry:

Ada sedikit perbedaan kandungan gizi dengan dua rasa sebelumnya, cimory yogurt drink kandungan kalorinya sedikit lebih rendah yakni 220kkal untuk energi total dan 60kkal energi lemak. Rasa blueberry yang khas dengan keasaman yogurt yang cukup kuat, bisa menyegarkan kamu saat ngantuk ditempat kerja nih. Tapi buat yang memiliki masalah lambung dan agak khawatir baiknya pilih yogurt yang asamnya lebih rendah.




Kapan Waktu yang Tepat Mengonsumsi Yoghurt?


Baik dikonsumsi saat:
1.    Sarapan
Agar otak dapat bekerja maksimal dan semakin bersemangat pada pagi hari, kita diharuskan untuk sarapan sebagai bekal energi dan asupan nutrisi penting untuk tubuh serta otak. Saya biasanya memilih Heavenly Blush karena mudah, praktis dan kalorinya tidak tinggi untuk menjada tubuh ideal.
2.    Cemilan Sehat

Yoghurt juga pas sebagai cemilan sehat lho, daripada ngemil snack yang mengandung kalori tinggi. Saya membiasakan untuk memilih yogurt, jika sedang dirumah saya pilih cimory yogurt drink dalam keadaan dingin karena masih segar. Namun ketika aktivitas diluar, saya membawa heavenly blush karena tahan lama walaupun tidak dalam kulkas juga kemasannya praktis.
3.    Sebelum Makan Siang / Malam
Konsumsi yoghurt sebelum makan dapat mengurangi konsumsi makan kita agar tidak terlalu banyak. Cocok banget nih buat yang lagi jaga berat badan atau sedang program menurunkan berat badan.
4.    Sebelum Tidur
Kandungan serat prebiotiknya bisa membantu melancarkan pencernaan.

Heavenly Blush Asamnya Pas
Dikarenakan terbuat dari bakteri generasi terbaru yang diseleksi khusus sehingga rasanya tidak terlalu asam walaupun rendah gula. Dan rasa asam yang pas ini bisa membuat kita tidak khawatir keaseman atau asam lambung akan terpengaruh.

Keunggulan Heavenly Blush Tetrapack
1. Hi – Calcium, Untuk mendukung gaya hidup aktif.
2. Low Fat, Hanya 100 kalori. Pas untuk mendukung diet.
3. Less Sugar
4. Mengandung Serat Pangan Prebiotik, yang menjaga kesehatan pencernaan dan menurunkan kolestrol.
5. Bisa dibawa kemana pun tanpa perlu takut rusak. Dibuat dengan proses aseptis dan UHT sehingga tidak perlu takut rusak walaupun tidak disimpan di dalam kulkas. Masa simpan yang lebih lama tanpa bahan pengawet.
6. Rasa yang Asam dan Manis Pas
Cimory Yogurt Drink
Kalau heavenly blush asamnya pas, kalau cimory memang rasanya lebih asam dari heavenly blush tapi rasanya tetap menyegarkan kok. Apalagi buat kamu yang suka yogurt dengan rasa asam berpadu buah-buahan segar cimory bisa jadi favorit kamu, akan lebih nikmat dikonsumsi saat dingin.
Keunggulan Cimory
1.    Mengandung Banyak Vitamin
2.    Isinya lebih banyak
3.    Kemasan botol, bisa disimpan lagi jika belum habis

Conclusion: Saya kedua yogurt diatas, namun yang sering saya konsumsi heavenly blush karena selalu dibawa kemanapun saya pergi, praktis, kalorinya lebih rendah serta gak khawatir walau disuhu lebih 20 derajat. Sedangkan cimory saya konsumsi kalau sedang dirumah santai-santai dan butuh minuman asam yang segar.

Kalau kalian suka minuman yogurt yang mana? Apa alasannya? Share yuk di kolom komentar.

































You Might Also Like

2 comments:

  1. Hi rei, salam kenal..

    Aku juga suka heavenly blush dan cimory, favoritku yang stroberi. Aku suka minuman asam-asam gini (tapi gak terlalu asam), karena menurutku lebih segar drpd soft drink #selera kali ya..

    Sayangnya, aku harus bener2 memperhatikan jadwal minum yogurt karena aku punya maag yang agak bandel. Jadi agak was-was kalau diminum sebelum makan. Aku lebih suka jadiin yogurt sebagai teman nyemil ^^

    www.vidazenitha.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sama aku juga lebih suka buat ngemil saat jam tanggung, hallo salam kenal juga. btw maaf next time, jangan taro link hidup yaaaa :) cukup alamat blognya aja nanti aku main kok ke blog mu. thanks...

      Delete

Hallo...Thank you for visiting my Blog. Yuk tinggalin komen hore nya disini, biar kita makin akrab. Jangan pakai link hidup atau iklan ya!