#sesicurhathore: Tujuan nge Blog buat apa? Cari duit,popularitas atau suka nulis dan sharing?

21:55:00 Reiny Andiani Hadikusuma 16 Comments

Hallo Guys..

Kali ini saya gak akan bahas beauty things, karena lagi pengen cerita ringan aja sih...gak tau deh tiba-tiba kepikiran aja gitu pengen nulis ini hahaha.

As you know lah ya setiap manusia pasti punya tujuan, apapun itulah tujuannya kaya nikah muda gitu contohnya hahhaha.

Kalian bloggers pertama ngeblog tujuannya buat apasih?hehehe jangan dulu dijawab ya, sabar....sabar....saya dulu yang jawab boleh ya? Iya.

Saya tidak asing mendengar kata ngeblog/blogging/ diary online itu gara-gara baca bukunya Raditya Dika yang kambing jantan, dia cerita kan tuh kalau dia dulu suka share cerita-cerita konyolnya lewat blog kambing jantannya itu sampe jadi buku. Terus selain dari Raditya Dika, saya tau istilah blogger itu dari sahabat SMA saya yang waktu itu kita conference call tahun 2009 atau 2010 an gitu 2 sahabat saya ngomongin Diana Rikasari.

Saya kepo dong gak mau ketinggalan, siapa sih Diana Rikasari itu? saya googling lah and yassss ternyata dia adalah Fashion Blogger Indonesia yang unik banget fashion stylenya. Then, sampai sekarang pun saya suka banget sama Diana. Selain Diana saya juga suka Sonia Eryka, Anastasia Siantar dan Dian Pelangi haha karena menurut saya mereka itu menginspirasi banget buktinya aja karir mereka makin melejit yang berawal dari blogger.

Gak cuma Blogwalking ke blog mereka aja, saya juga follow twitter mereka sampai akhirnya saya lihat postingan Diana Rikasari yang lagi di Paris sama Agnes Oryza saat itu. Kepolah saya siapa sih Agnes Oryza? eh pas di stalk ternyata dia Beauty Blogger.

Akhir 2012 Beauty Blogger belum se-rame ini, ya bisa dibilang masih jarang bangetlah. Saya waktu itu lagi break out abis stop pake skincare klinik kecantikan dan sering mention Agnes di twitter buat tanya-tanya soal skincare, lalu apakah Agnes sombong? enggak....sama sekali malah dia selalu bales mention saya. Sampai pada akhirnya saya kepikiran 'Kenapa gue gak bikin blog juga ya? seru deh kayanya sharing review sama belajar make up'.
Disinilah saya memutuskan untuk buat blog pada awal maret 2013, terus tujuannya apa nih bikin blog? 

-Karena saya punya masalah kulit yang sering banget jerawatan, suka trial and error pake skincare. Jadi ya simply, pengen share aja apa yang udah pernah saya pake dan cerita-cerita beauty related lainnya.

-Belajar make up, lah harusnya les ya? enggak gaes saya pengen belajar sendiri karena suka nontonin tutorial dan bacain blogger2 yang share soal tutorialnya terus kagum kalau orang bisa ini, itu bahkan saat itu gambar alis belum se-hits sekarang. Saya ngalamin tuh gambar alis tebel-tebel kek Sinchan sampe temen sma saya di Path ngetawain dan ledek.

-Belajar nulis,bahkan sampai sekarang saya masih belajar nulis for seriously. sebenernya saya ini suka banget nulis daridulu tapi nulis diary doang hahahha makanya pas ngeblog seneng bisa nulis diary sambil bagi tips sama review.

Awal-awal bikin blog juga saya diketawain sama temen sekelas dikampus, katanya ngapain bikin blog sih gak penting. well ya....gakpapa hehehe



Terus bukan cari duit tujuannya?

Yaelah bro, saya bisa ngeblog aja udah syukur hahahha mana saya tau kalau ada sponsor-sponsor. Liat blogger2 Jakarta dtg ke event aja saya gak kepikiran dibayar atau apalah, pokoknya yang saya liat blogger itu sharing dan saling meracuni produk sama itu tuh keren-kerenan bikin make up look. Beuh, asli saya seneng banget kalau liat blogger bikin challenge sama collab. Saya mah jadi silent reader sama komen kadang-kadang karena kekaguman sama karya mereka.

TAPI...


Saya gak munafik ya kalau ada yang nawarin kerjaan dan bayar tulisan atau datang ke event, terus diganti biaya transport gitu ya saya seneng ajalah masa rejeki ditolak hahaha mayan kan buat beli gincu baru cyyyyn. Banyak sih temen dan sodara yang nanya gimana caranya kok bisa dapet duit dari blog, ya simply karena saya ikut komunitas, suka dtg event dan koneksi tmn2 juga.





Terus Udah Jadi Blogger Terkenal?


YA, enggaklah hahahha orang maintain sosmed aja jarang banget. Gak tau sih sampe sekarang ngeblog karena ya suka aja sharing, belajar make up, foto sama nulis. udah gitu aja, ya kalau pengen keliatan terkenal atau dilirik agency buat campaign brand sih bisa aja beli followers hahahaha tapi males ah instagram saya fotonya gak bagus-bagus then uangnya pake beli purbasari atau makan bon chon aja enak kenyang. 

Jadi saya kalau ada yang unfollow atau temen sesama blogger gak folbek ya cuek aja, saya sih mikirnya 'oh sosmed lo gak menarik kali buat dia'. Daripada mikirin follow/unfollow mending belajar aja ah, belajar mencintai kamu hehehhe. Toh kalau feed ig saya menurut seseorang itu menarik pasti di follow tanpa paksaan kan?



Udah segitu aja sih tujuan saya ngeblog, sekarang giliran kamu jawab ya tujuan kamu ngeblog apa?


Bye....

You Might Also Like

16 comments:

  1. awalnya ngeblog kalau eke sama nih karena dulu pada abad itu ngeliat beberapa blogger masih sepi berbagi tips dan info kecantikan kok kayanya seru yowes memberanikan diri bikin blog khusus kecantikan kayanya asik bisa sharing juga, tapi tak disangka diciprat rezeki melalui blog eiii~ yuk mari ah lanjut ber sharing ria di blog ^_^

    www.leeviahan.com

    ReplyDelete
  2. Ahzeeek berarti sama ya cin tujuan kita sharing, seru aja ya hihi yang penting damai sentosa ya kita. Yuk ahhh

    ReplyDelete
  3. Awalnya ngeblog buat sharing cerita sehari2 doang seputar dunia jepang
    Tp lama2 banyak ketemu temen blogger jadinya makin rajin nulis dan nambah postingan mengenai beauty, tutorial dan fashion.

    Hepi kalo ke event ketemu banyak org dr dunia beda2 tp hobby nya sama2 nulis #curcol hahaha

    www.miharujulie.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi penyemangat ya pas udah ketemu temen2 blogger, iya happy banget kalau udh ktemu org2 yg hobinya sama hihi aku juga senang jadi kenal kamu deh gara2 blog

      Delete
  4. Awal ngeblog curhat2 galau sis, gara pusyiing tugas kuliah trs galau-galau gitu trs habis itu curhatin kulit, curhatin beauty clinic, curhatin belanja makeup atau skincare, tp dulu mah cupu bgt foto produk cm satu itu burem trs bahasnya subjektif bgt dah tp lama2 sering blog walking ke blog2 kece jd termotivasi, lama kelamaan kok interest aku ke beauty gitu pdhl awalnya cm curhat aja, tp tetep sih tanpa sadaryg dicurhatin prwtn ama dr kulit *dulu masih ngehits bgt ke beauty clinic bikin muka licin :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. LAHHH...aku juga dulu foto burem dari hp doang, background gak diperhatiin eh pas liat org2 bagus baru deh usaha belajar pgn lebih baik. iya eike juga korban beauty clinic kok dulu hahhaha

      Delete
  5. Awal ngeblog karena suka nuangin unek2 lewat tulisan sebenernya. Tapi waktu itu kontennya blm beauty. Baru 2013an lebih ke arah beauty. Aku ngeblog kareba pgn sharing, belajar, cari referensi produk dan tambah2 temen. Kalo urusan dapet free product, affiliate sama perusahaan/brand tertentu aku anggap itu sbg bonus aja buat hasil kerja kerasku selama ini. Berarti emang pantes blog aku buat diajak kerjasama hehe.

    ReplyDelete
  6. Tos reiii.. Aku awal ngeblog jg buat sharing dan berbagi review dari org awam yg msi ga ngerti makeup ^^

    www.rinicesillia.co

    ReplyDelete
  7. Samaaa. Ngeblog awal 2013 banyak curhat ttg kondisi kulit yg break out. Lama lama ketagihan sharing wkwk.

    ReplyDelete
  8. Samaa, dulu malahan sebelum 2011 aku dah ngeblog bahkan punya 3 blog. Trus tahun 2011 mulai fokus sama satu blog dan yang lain di hapus, nulis nulis curhatan mahasiswa baru gitu, awal 2012 mulai deh fokus ke beauty gegara demen aja sama makeup dan perintilannya, hihihihi masih sembunyi-sembunyi blum brani share link hahah, terus saking tujuannya seneng seneng akhirnya ditelateni deh sampe 2016 dan seterusnya ini. Alesan ngeblog beauty sih dulu soalnya di lingkunganku gada yang demen begituan :( jadi ya aku nulis aja di blog, eh jadi hobi malahan. :) nice post ^^

    ReplyDelete
  9. jadi wanita itu enak ya, masalah yang dia alami juga berguna bagi sesamanya. bisa cerita produk yang dipakai. secara, produk kecantikan wanita banyak banget, jadi bisa buat isi konten blog. hehehe..

    alasan saya ngeblog, simpel aja: 'melupakan seseorang'

    ReplyDelete
  10. tujuanku sampe skr masih murni hanya utk nulis dan sharing pengalaman kuliner dan traveling doang mbak.. blm ada niatlah cari duit dari sini.. kerjaan kantor yg skr udah sangat2 menyita waktu soalnya..Dan krn penghasilan dari kantor juga udh sangat lebih dari cukup buat membiayai hobi travelingku ;D.. Mungkin kalo suatu hari aku resign, baru deh mulai dipikrin utk cari duit dari blog.. Tapi skr msh lbh senang baca2 blog org dulu, dan nulisin blog sendiri :)

    ReplyDelete
  11. Tujuan saya ngeblog adalah untuk berbagai ilmu dan pengalaman yang menarik dan bermanfaat agar bernilai ibadah.
    Jika ada bonus lain ya saya syukuri
    Salam hangat dari Jombang

    ReplyDelete
  12. All: Ternyata semuanya juga tujuannya pada sharing ya, semangat semuanya semoga bermanfaat buat para reader kita ya :*

    ReplyDelete
  13. Hi.. currently I am doing a research about beauty blogger's influence in cosmetic buying intention in Indonesia for my thesis.
    It would be great if you can help me to fill in the questionnaire.


    https://docs.google.com/forms/d/1RsfM-dO9rATuCB1hqCuY4j5Ktl09MoIGZyEvaz5Rfb8/viewform?c=0&w=1&usp=mail_form_link


    Thank you in advance

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi...better you email or line me than comment on my blogpost which is not related with your purpose. Thanks...

      Delete

Hallo...Thank you for visiting my Blog. Yuk tinggalin komen hore nya disini, biar kita makin akrab. Jangan pakai link hidup atau iklan ya!