Let’s check your skin type !

07:55:00 Reiny Andiani Hadikusuma 0 Comments

Hallo hallo selamat malam jumat....

Kali ini gue mau post untuk mengetahui termasuk jenis kulit apa sih gue?
Pasti masih ada wanita-wanita di luar sana yang bingung termasuk jenis apa kulitnya dan gimana cara perawatannya yg tepat  kadang sering bgt kan tergoda sama produk-produk kecantikan yg menjanjikan bakal bikin kulit kita cantik dan sehat eitsss tunggu dulu sebelum kamu memutuskan untuk memakai produk-produk tsb kenali dulu tipe kulitmu supaya cocok dan mendapat kulit yg kamu inginkan !
hmmmm gue pun masih terus-terusan usaha nih nemu produk dan perawatan yg cocok untuk jenis kulit gue. Di post ini gue bakal bahas sedikit mengenai jenis kulit tapi ini in my humble opinion loh ya dari hasil gue loncat-loncat dari blog ke blog dan dari artikel ke artikel maaf kalau ada salah-salah heheheh masih belajar maklumin ya temen-temen, yaudah gausah panjang lebar curcol kita bahas jenis-jenis kulit nya.
Jenis kulit itu ada 5 dan yg akan pertama gue bahas adalah :
  1. Normal skin
Kulit jenis ini nih yg di impikan wanita-wanita pada umumnya karena ini kulit ideal ! di dalam kulit normal itu terdapat 70% air dan 30% minyak  jadi seimbang ya minyak sama airnya :) tipe kulit ini biasanya terlihat lembut, halus, elastis dan jarang sekali ada masalah seperti jerawat dll lah org kulit ideal ya kan?beruntunglah kalian yg memiliki jenis kulit normal. Tapi jangan geer dulu nih yg punya kulit normal bukan berarti bebas dari perawatan loh TETEP HARUS !!! ngejaga kecantikan kulit itu harus bgt even kamu punya kulit normal tapi gak dirawat ya nantinya bakal timbul masalah juga kaya terlihat kusam bahkan jerawatan karena polusi dan debu juga efek sinar matahari.
  1. Oily skin

Ini nih jenis kulit ini yg banyak di keluhkan banyak orang termasuk gue yg kebetulan jenis kulit berminyak hadeeeeeh perawatannya ekstra deh kalau untuk kulit yang satu ini huhuhu ciri-ciri kulit berminyak ini gampang banget di liat kaya pori-pori besar, acne prone,  komedo blackhead and whitehea terus kalau abis aktifitas keliatan deh tuh muka kusam kaya kilang minyak yasalaaaam dan di karenakan pori-pori besar ini gampang bgt debu dan kotoran nempel di kulit jadi lah jerawat belum lagi sel kulit mati yg numpuk yg berujung jadi komedo yaampun :( TAPI ada untungnya juga nih yg punya oily skin biasanya muka nya terlihat lebih awet muda pas memasuki usia 35 an  kalau kalian pengen tau termasuk oily skin atau engga coba test pake tissue terus tempel ke muka abis itu liat deh ada minyak atau kotor yg tertinggal di wajah gak?
  1. Dry skin
Lanjut ya sekarang kita bahas kulit kering ini kebalikannya dari oily skin sih, kalau yg kulit kering ini biasanya suka khawatir terlihat lebih tua hiksss :( ciri-cirinya pori-pori ga keliatan, gak keliatan ada minyak di kulitnya dan jarang banget ada jerawat atau komedo yaiyalah gimana komedo ma jerawat mau betah org kulitnya juga keliatan ga minyakan :( terus biasanya kerasa ada sisik sisik halus dan kalau habis cuci muka suka kerasa ketat atau ketarik gitu mukanya, yap ! kulit kering pun butuh perawatan yg super duper deh soalnya nanti pas memasuki usia 35 biasanya yg dry skin muka nya lebih kering dan mulai terlihat kerutan.
  1. Combination skin
source www.style.it -
Halaaaah jenis kulit yg satu ini nih yg bingungin ! di daerah T zone berminyak eh daerah pipi normal hmmm ya ini kulit kombinasi huhuhu biasanya di daerah T zone (dahi,hidung dan dagu) terlihat berminyak dan jerawat atau komedo sering muncul di area tersebut tapi di area pipi biasanya cenderung normal pori-pori tidak terlihat dan tidak berminyak. Kalau tipe kulit ini harus cari yg special nih perawatannya ah tapi semua juga harus di perlakukan special apapun jenis kulitnya.
  1. Sensitive skin
Ok ini jenis kulit yg terakhir, kulit sensitive ! kalau yg ini harus pinter-pinter banget nih cari taunya soalnya sedikit bikin bingung juga, soalnya tipe kulit harus ekstra hati-hati dalam memilih produk seperti parfum, paraben,pewarna bibir dan produk kosmetik lainnya. Biasanya tipe kulit ini memiliki struktur kulit yg tipis dan mudah iritasi, kalau tidak cocok menggunakan suatu produk biasanya telihat merah-merah.
Sekarang udah tau dong tipe kulit kamu apa? Hehhehe sekarang kita bahas yuk cara perawatannya gimana agar kita bisa mendapatkan kulit yg kita impikan kaya di iklan-iklan produk kecantikan yg sehat terawat juga terlihat semakin cantik. Gue bahas satu-satu sesuai jenis kulit ya !
1.     Perawatan untuk normal skin
Untuk normal skin gak terlalu sulit ya perawatannya pilih produk skincare khususnya cleanser dan moisturizer untuk kulit normal lalu exfloate once weekly to remove your dead skin juga masker 1-2 minggu sekali untuk mendapat kan wajah cerah sehat terawat, untuk urusan pilih make up? ya kulit normal inshaallah aman ya mau pillih blush atau bronder yg powder dan yg liquid begitu juga dengan memakai bedak bisa pakai yg padat atau yg loose powder tapi tetep setelah nya di bersihkan secara benar.

2.    Perawatan untuk oily skin
For oily skin ! harus ekstra ya perawatannya jangan sampe lupa buat bersiin muka kalau habis aktifitas jangan males dan langsung bobo hiiiiy besoknya langsung jerawatan loooh. Pilihlah produk skincare untuk oily skin, produk skincare untuk oily skin biasanya tidak mengandung mineral oil dan bisa mengontrol sebum juga berbahan dasar air, and don't forget to exfloate twice weekly to remove your dead skin ! terus lanjut maskeran bisa masker strawberry, masker lumpur,masker putih telur dll. peringatan juga nih buat oily skin jangan pake bedak padat apalagi two way cake aduh kasian kulitnya :( pori-pori nya ketutup jadi bikin nambah komedo sama jerawat,pilih  blush on atau bronzer yg berbentuk powder daripada liquid biar gak nutup pori  untuk kulit berminyak juga kurangi mengkonsumsi makanan yg mengandung karbohidrat juga yg mengandung lemak :)
3.    Perawatan untuk dry skin
Nah untuk dry skin banyak banyak minum air putih ! biar kulitnya gak keliatan kering dan kaya keriput atau ada sisik halus gitu, minum air putih 8 gelas sehari dan konsumsi makanan yg mengandung vitamin E essential dan ya pilih produk perawatan untuk kulit kering yg biasanya mengandung lebih banyak pelembab hati-hati jangan yg banyak menggunakan alkohol karena bikin kulit kamu tambah kering. Jika sering di ruangan ber AC sering-sering deh minum air putih dan pake pelembabnya biar gak tambah kering dan untuk masalah make up pilihlah yg untuk kulit kering.
4.    Perawatan untuk combination skin
Kulit kombinasi? Ih kan dua tipe kulit terus gimana dong perawatannya? Tenang.... banyak banget kok produk skincare yg menyediakan untuk kulit kombinasi :D  untuk daerah yg berminyak nya T zone harus sering dibersihkan ya agar tidak timbul jerawat dan komedo: ) exfloate your skin twice weekly to remove dead skin especially T zone adapun jenis masker yg biasa digunakan untuk kulit kombinasi ini biasanya memakai masker alpukat agar keadaan kulit seimbang :D
5.    Perawatan untuk sensitive skin
Duh ! untuk sensitive skin ini hati-hati ya pilih produknya :(  tipe kulit ini biasanya butuh perawatan yg lebih intens dan gak cocok pada produk kimia tertentu. temukan cleanser dan moisturizer yg tepat untuk kulit sensitive usaha kan yg tidak mengandung wewangian kalau kamu mau beli produk nya kamu harus coba tester nya dulu ya, kalau salah bisa timbul merah-merah dan terasa gatal.
Jangan males ya buat ngerawat wajah kita apapun jenis kulit kamu semua ada solusi nya kok asal kita rutin dan telaten ngerawatnya, jangan mudah tegiur juga liat temen pake produk itu kamu ikut2an pake juga balik lagi ke jenis kulit kita kan beda-beda daaaan cocok-cocokan, mungkin di temen kamu cocok eh di kamu kurang cocok atau pun sebaliknya. Intinya cari produk dan perawatan yg sesuai jenis kulit kamu dan jangan mudah nyerah buat terus merawat kulit kamu.
Yaaaaaaaah segitu deh kira-kira yg gue tau mengenai  jenis-jenis kulit semoga bisa membantu ya ! kalau ada yg mau menambahkan atau meluruskan comments are very welcome :D
SEE YOU NEXT POST
Bye XOXO Reiny 

You Might Also Like

0 komentar:

Hallo...Thank you for visiting my Blog. Yuk tinggalin komen hore nya disini, biar kita makin akrab. Jangan pakai link hidup atau iklan ya!