SOCIAL MEDIA

Kamis, 16 Juli 2015

Makanan Hits Hari Raya !

Hallo Guys !


Wah H-1 Hari raya idul fitri nih...tiap lewat rumah tetangga sudah wangi-wangi masakan aja nih yang menjadi ciri khas hari raya, Ngomong-ngomong hari raya idul fitri, karena ini merupakan perayaan besar setelah 1 bulan full seluruh umat muslim menjalankan ibadah puasa dan tiba saat nya pada hari kemenangan. Di hari raya idul fitri tersebut biasanya banyak sekali aneka kue dan makanan yang menjadi ciri khas hari raya, selain makanan juga ada yang rutin membeli baju baru untuk shalat ied, lalu tidak lupa sillaturahmi saling memaafkan dan memaknai hari raya idul fitri.


Buat saya pribadi yang paling bikin excited pas menyambut hari raya adalah bertemu dengan sanak saudara jauh yang jarang banget ketemu, karena di hari-hari biasa kami semua sibuk dengan aktifitas dan kewajiban masing-masing. Ada hal lain yang bikin seneng juga kalau pas hari raya, apa sih? Ya, apalagi kalau makanan yang di temuin dan nikmat banget di makan pas hari raya.

Saya rasa bukan di hari raya umat muslim saja makanan-makanan ini hits, tetapi juga di hari raya umat yang lain. Kira-kira makanan apa saja sih yang biasanya tiba-tiba hits di hari raya (khususnya di Indonesia)?

1. Ketupat/Lontong
sumber:forpiko.com

sumber: Indonesiaeats.com

Ketupat dan Lontong ini merupakan makanan yang berasal dari beras, hanya saja dikemas berbeda. Jika ketupat biasanya di bungkus dengan daun kelapa dan bentuk nya yg unik, lain lagi dengan lontong yang di bungkus dengan daun pisang dan bentuk nya panjang. Keduanya di masak dengan cara yang sama yaitu di kukus? *cmiiw. Saya sangat suka kedua makanan ini, apalagi pas hari raya haha gak afdol rasanya kalau belum makan kedua jenis makanan ini.

2. Rendang

sumber: sidomi.com

Rendang ah ! lauk yang bahan utama nya daging sapi ini merupakan salah satu makanan mewah pas hari raya, bumbunya yang meresap ke dalam daging dan ciri khas banyak nya rempah yang terdapat pada kuah masakan ini bikin ketagihan dan sangat memanjakan lidah. Rendang ini cocok banget makannya di barengi dengan ketupat atau lontong.

3.Opor Ayam

sumber: resepnasional.com

Duh ! Ini favorit saya banget.....buat kamu yang gak begitu suka makan daging sapi, Opor ayam adalah lauk khas pas di hari raya juga. Ayam yang di masak dengan kuah santan yang menciptakan rasa gurih dan nikmat juga aroma bawang goreng diatasnya ini bener-bener bikin selera makan meningkat. Opor Ayam juga biasanya di makan dengan Lontong/ketupat.

4. Sambal goreng Kentang Ati ampela

sumber: cookpad.com

Kentang goreng dan hati ampela ayam yang biasanya menjadi warna orange ke merah-merahan karena cabe merah yang meresap, ini makanan pelengkap yang wajib banget ada pas hari raya. Coba aja gabungkan lontong/ ketupat,lalu opor ayam dan sambal ati ini beuh ! super yummy....guilty pleasure guys !.

5. Nastar dan Kastengel


sumber: masakanlezat.com



sumber: resepkue.web.id

Daritadi makanan berat terus ya?, sekarang mati kita beralih ke makanan manis yang biasa di jadiin cemilan pas hari raya hahahaha. Nastar dan kastengel adalah 2 macam kue kering hits di hari raya, ya apalagi kalau bukan rasanya yang enak dan bikin gak berhenti untuk makan. Saya sih lebih suka kastengel, karena bentuknya yang lucu juga rasa keju nya yang kaya banget. Di jaman yang modern gini, kalau kalian sibuk dan gak sempet bikin kue atau ke supermarket untuk beli kue khas lebaran, sekarang bisa di dapetin dengan few clicks aja sih... yap ! belanja di online shop yang menjamur banyak banget yang jual kue-kue lebaran, bikin hidup lebih mudah dan gak buang waktu karena macet di jalan.



Honestly, di kampung ku di kota Sukabumi. Selain makanan khas diatas ada juga lho makanan khas lain di hari raya, yaitu dodol dan uli hehehe keduanya terbuat dari ketan. Dodol biasanya berwarna hitam dan rasanya manis banget, kalau uli ini berwarna putih mirip ketan bakar hanya saja uli ini di goreng dan biasanya jadi temen makan bersama sambal ati.

Kalau di daerah mu makanan khas hari raya nya apa saja?


Thank you for reading
XOXO
Reiny




3 komentar :

  1. true story banget ketupat. gue baru dikasih sama tetangga. ketupat plus opor ayam, rasanya sederhana tapi menenangkan..

    BalasHapus
  2. Jeverson : hahaha ya kan? Dan emang pas hari raya nikmat bgt di makannya. Beda sama hari biasa hehehe

    BalasHapus
  3. Jeverson : hahaha ya kan? Dan emang pas hari raya nikmat bgt di makannya. Beda sama hari biasa hehehe

    BalasHapus

Hallo...Thank you for visiting my Blog. Yuk tinggalin komen hore nya disini, biar kita makin akrab. Jangan pakai link hidup atau iklan ya!